Meriahkan HUT Ke-79 TNI AL, Dankodiklatal Ikuti NBOD Di Koarmada RI

Meriahkan HUT Ke-79 TNI AL, Dankodiklatal Ikuti NBOD Di Koarmada RI

Sengkelatnews.com Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 TNI Angkatan Laut (TNI AL), Komandan Kodiklatal Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah yang hadir bersama Ketua Gabungan Jalasenastri Kodiklatal Ny. Ayu Nur Alamsyah mengikuti kegiatan Naval Base Open Day (NBOD) yang dibuka langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali didampingi Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksdya TNI Erwin S. Aldedharma, bertempat di Markas Komando Armada RI, Jakarta, Sabtu (7/9/2024).

NBOD yang merupakan rangkaian perayaan HUT Ke-79 TNI AL yang puncaknya diperingati pada 10 September 2024 mendatang, Kasal mengungkapkan bahwa TNI Angkatan Laut membuka pintu pangkalan dan markasnya yang tersebar di seluruh Indonesia secara serentak, Sabtu, untuk memperkenalkan alat utama sistem senjata (alutsista) seperti kapal perang, tank-tank amfibi, dan kendaraan taktis-nya kepada masyarakat.

“Kami buka seluruh pangkalan ini untuk membuka wawasan masyarakat khususnya generasi muda, bahwa kita ini negara maritim, negara kepulauan, dan 70 persen dari negara kita adalah laut. Jadi, kita harus cinta laut,” kata Laksamana Ali menjawab di depan awak media.

Menurutnya TNI AL pun mengusung slogan “Aku Cinta Laut” sebagai tema rangkaian peringatan hari jadi TNI AL tahun ini, sekaligus sebagai ajang kampanye menumbuhkan kecintaan masyarakat Indonesia kepada laut dan TNI AL yang menjaga laut Indonesia.

NBOD di Mako Koarmada RI, beberapa kendaraan taktis dari Korps Marinir, serta perlengkapan tempur dan senjata dari Komando Pasukan Katak (Kopaska) dipamerkan oleh TNI AL untuk masyarakat. Warga di Jakarta, yang memenuhi kompleks Mako Koarmada RI sejak Sabtu pagi juga dapat melihat miniatur-miniatur kapal perang TNI AL dan beberapa diorama sejarah yang dipamerkan oleh Dinas Sejarah TNI AL.

Selain itu, masyarakat yang sebagian besar membawa anak-anak ke lokasi acara, juga dapat melihat deretan mobil-mobil antik, mulai dari yang berjenis jeep/SUV sampai sedan. Ali menyebut jumlah kendaraan antik yang dipamerkan di Mako Koarmada RI hari ini berjumlah 65 unit.

Sementara di pangkalan dan markas TNI AL lainnya, terutama di Markas Komando Armada I di Tanjungpinang, Markas Komando Armada II di Surabaya, dan Markas Komando Armada III di Sorong, TNI AL memamerkan jajaran kapal-kapal perangnya untuk dapat dilihat dari dekat oleh masyarakat.

Kegiatan Naval Base Open Day kali ini juga ditinjau langsung oleh Kasal Laksamana Ali bersama jajaran pejabat utama TNI AL melalui sambungan video conference dari Jakarta.

“Masyarakat harus tahu alutsista angkatan laut yang ada di pangkalan-pangkalannya seperti apa, dan ke depan harapan mereka seperti apa, karena kita negara besar, negara maritim, jadi, angkatan laut harus kuat. Itu intinya dari kegiatan rangkaian HUT TNI AL hari ini,” ujarnya.

Dalam acara yang sama, TNI AL juga menggelar bakti sosial berupa pemberian paket sembako kepada warga di sekitar markas dan pangkalannya, serta bakti kesehatan yaitu berupa pemeriksaan dan pengobatan gratis, serta donor darah.

Kemudian, terdapat pula acara penyuluhan untuk mencegah stunting dan kegiatan makan makanan bergizi yang menu utamanya boga bahari seperti ikan.

TNI AL pada puncak hari jadinya akan menggelar upacara peringatan di atas kapal perang saat berlayar di Teluk Jakarta pada 10 September mendatang.(Pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *