Wujud Solidaritas Warga Baret Hitam, Dankodiklatal Hadiri Peringatan HUT ke-65 Hiu Kencana

Wujud Solidaritas Warga Baret Hitam, Dankodiklatal Hadiri Peringatan HUT ke-65 Hiu Kencana

Sengkelatnews.com Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah yang merupakan salah satu warga kehormatan baret hitam kapal selam TNI AL, menghadiri Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-65 Hiu Kencana tahun 2024 yang digelar TNI Angkatan Laut. Dalam peringatan tersebut, dilaksanakan Upacara Militer dipimpin oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali di depan Monumen Candrasa, Koarmada II Surabaya. Jumat (13/09/2024).

Julukan Hiu Kencana merupakan sebutan untuk Satuan Kapal Selam yang merupakan bagian dari TNI AL dan berada di bawah Komando Armada II, dengan motto “Wira Ananta Rudira” yang bermakna Tabah Sampai Akhir.

Upacara digelar di monumen Candrasa, yang merupakan monumen untuk mengenang, menghormati, atas keberanian, ketabahan serta dedikasi Komandan beserta anak buah RI Candrasa-405 yang dengan gagah berani menerobos pertahanan Angkatan Laut Kerajaan Belanda untuk mendaratkan Tim RPKAD di teluk tanah merah pantai utara Irian Barat, dalam Operasi Lumba-lumba Pra H Operasi Jayawijaya pada tahun 1962.

Satuan Kapal Selam sendiri, merupakan satuan yang sangat lekat dengan sosok Kasal Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali. Pasalnya, Laksamana Muhammad Ali merupakan Perwira Tinggi TNI AL yang telah bertugas malang melintang di satuan Kapal bawah Air tersebut.

Tercatat sejak dari masa Perwira Pertama, Laksamana Muhammad Ali telah menduduki berbagai jabatan stratagis di satuan elit TNI AL ini. Mulai dari menjabat sebagai Ass Padiv Ekasen di KRI Nanggala-401 pada tahun 1992, hingga menjabat sebagai Komandan Satuan Kapal Selam Koarmatim pada tahun 2011.

Dalam sambutannya, Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali menekankan pentingnya dedikasi dan semangat juang para prajurit Hiu Kencana.  Beliau juga mengingatkan bahwa sejarah panjang Hiu Kencana bukan sekadar angka, melainkan bukti nyata dari pengabdian dan perjuangan para prajurit Jalasena pengawak kapal selam.

“Sejumlah operasi penting telah dicatat oleh Korps Hiu Kencana dalam sejarah TNI AL.  Sebagai generasi penerus, torehan tinta emas hendaklah menjadi sumber aspirasi dan motivasi kita dalam melanjutkan pengabdian kepada TNI AL, bangsa dan negara,” ujar Kasal.

Usai pelaksanaan upacara HUT Ke-65 Hiu Kencana, Dankodiklatal didampingi Ketua Gabungan Jalasenastri Kodiklatal Ny. Ayu Nur Alamsyah mengikuti acara temu kangen keluarga besar Hiu Kencana yang dilaksanakan di PCA Koarmada II.

Adapun rangkaian acara diawali dengan pembacaan puisi yang mengharukan oleh Sofiana Aqila, putri dari Almarhum Sertu Anumerta Wahyu Adiyas.  Puisi tersebut menjadi pengantar yang menyentuh hati para hadirin dan mengenang jasa para pahlawan Hiu Kencana.  Suasana semakin khidmat saat Hymne Hiu Kencana dikumandangkan bersama.(Pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *