Prajurit Muda Kodikmar Kodiklatal Angkatan 43/2 Siap Mengabdi dan Menjaga Kedaulatan NKRI

Prajurit Muda Kodikmar Kodiklatal Angkatan 43/2 Siap Mengabdi dan Menjaga Kedaulatan NKRI

Sengkelatnews.com Sebanyak 343 Prajurit Muda Kodikmar Kodiklatal setelah menyelesaikan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI Angkatan Laut, Angkatan 43/2 tahap Sargolan Kejuruan Marinir TA. 2023, siap mengabdi dan menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Upacara penutupan pendidikan ini dipimpin langsung oleh Komandan Kodikmar (Dankodikmar) Kodiklatal Brigadir Jenderal TNI Marinir Samson Sitohang, bertempat di Lapangan Ewa Pangalila Kodikmar Gunungsari Surabaya, Kamis (26/09/2024).

Dankodikmar menekankan pentingnya karakter dan dedikasi bagi para Prajurit Muda. “Jadilah Prajurit Muda Korps Marinir yang berkarakter dan kebanggaan Korps Marinir serta harus berjanji dan berupaya untuk selalu memberikan yang terbaik untuk kejayaan Korps Marinir, TNI AL, Bangsa dan Negara tercinta,” tegasnya.

Selama enam bulan, para Siswa Dikmata di gembleng siang dan malam tanpa mengenal lelah. Pelatihan yang intensif ini bertujuan untuk membentuk prajurit muda yang tangguh, disiplin, dan profesional.  “Kalian telah menjadi bagian dari keluarga besar TNI AL, khususnya Korps Marinir, dan siap mengabdi kepada TNI, Bangsa dan Negara di satuan masing-masing,” tambah Dankodikmar.

Brigjen Marinir Samson juga mengingatkan pentingnya menjaga nama baik dan kehormatan Korps Marinir. Jaga nama baik, martabat dan kehormatan Prajurit Korps Marinir di mata masyarakat, dengan selalu mendasari setiap langkah atau tindakan dengan nilai nilai Pancasila, UUD 1945, Sapta Marga, Sumpah Prajurit serta Trisila TNI AL dan jati diri Korps Marinir.

Para prajurit muda ini selanjutnya akan menempuh Kursus Tamtama Remaja di Kolatmar. Mereka diharapkan dapat mengasah kemampuan dan profesionalitasnya untuk siap menjalankan tugas di berbagai medan operasi.

Adapun Siswa lulusan terbaik Dikmata TNI AL Angkatan 43/2 diraih oleh Prada Marinir Raju Saputra (Pusdik Infanteri), Prada Marinir Yaret Taupan (Pusdik Artileri), Prada Marinir Dio Gustri (Pusdik Kavaleri) dan Prada Marinir Chaerul Fahmi (Pusdik Banpur).

Pelantikan Prajurit Muda Korps Marinir menjadi bukti komitmen TNI AL dalam mencetak generasi penerus yang siap menjaga kedaulatan dan keamanan negara. Semoga para prajurit muda ini dapat menjalankan tugasnya dengan penuh dedikasi dan profesionalitas.(Pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *