Ratusan Calon Bintara TNI AL Dilantik, Dankodiklatal Berpesan Jaga Moral dan Mental

Ratusan Calon Bintara TNI AL Dilantik, Dankodiklatal Berpesan Jaga Moral dan Mental

Sengkelatnews.com Ratusan calon Bintara TNI Angkatan Laut (TNI AL) resmi dilantik menjadi prajurit TNI AL dengan pangkat Sersan Dua. Upacara pelantikan dan penyumpahan yang dipimpin langsung oleh Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah, bertempat di Lapangan Kawah Candradimuka Puslatdiksarmil Kodiklatal Juanda Sidoarjo.  Jumat (27/09/2024).

Ratusan Calon Bintara TNI AL Dilantik, Dankodiklatal Berpesan Jaga Moral dan Mental


Dalam amanatnya, Dankodiklatal mengucapkan selamat dan sukses kepada 357 orang Siswa atas keberhasilannya menyelesaikan pendidikan dasar keprajuritan dan pendidikan dasar golongan yang dilaksanakan di Puslatdiksarmil dengan lancar tanpa ada hambatan yang berarti, sehingga saat ini para Siswa dapat mengikuti upacara pelantikan sekaligus penyumpahan Bintara TNI Angkatan Laut dengan   pangkat Sersan Dua.

“Melalui sumpah yang baru saja diucapkan, saat ini para Siswa secara resmi telah menjadi Prajurit TNI Angkatan Laut. Untuk itu, saya tekankan dan selalu saya ingatkan bahwa pola pikir, pola sikap dan pola tindak saudara harus mencerminkan postur Prajurit TNI Angkatan Laut, dimana semua perbuatan dan tingkah lakunya harus selalu dilandasi oleh Jiwa Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Trisila TNI Angkatan Laut,” ungkap Letjen Marinir Nur Alamsyah.

Lanjutnya, guna mencapai kesiapan tempur dan kesiagaan operasi dalam menjaga kedaulatan di laut, prajurit matra laut hasil didik Kodiklatal haruslah profesional dan tangguh sebagai patriot Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dengan demikian, sebagai upaya untuk terwujudnya hasil didik yang memenuhi standar kompetensi, serta memiliki moral dan mental kejuangan yang tinggi, maka para Siswa tidak boleh terus larut oleh kebanggaan dan berpuas diri, karena telah dilantik menjadi Prajurit TNI Angkatan Laut.  

Dankodiklatal juga mengingatkan bahwa, pelantikan ini bukan akhir dari proses pendidikan. Para siswa masih harus mengikuti pendidikan tahap dasar golongan lanjutan di Kodikopsla, Kodikmar, dan Kodikdukum selama 5 hingga 7 bulan.  “Jangan terlena dengan kebanggaan telah dilantik, teruslah belajar dan persiapkan diri untuk pendidikan selanjutnya,” pesan Dankodiklatal.

Selain itu, kepada para Siswa agar mempertahankan dan bina terus kondisi fisik dan mental serta menjaga kesehatan guna mendukung semua tugas-tugas pendidikan tahap dasar golongan lanjutan sesuai kejuruan di Pusdik masing-masing. Upacara pelantikan ini menjadi momen penting bagi para calon Bintara TNI AL untuk memasuki babak baru dalam perjalanan karier mereka.(Pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *