Kasad Dampingi Presiden Jokowi Peringati Kesaktian Pancasila di Monumen Lubang Buaya

Kasad Dampingi Presiden Jokowi Peringati Kesaktian Pancasila di Monumen Lubang Buaya

Sengkelatnews.com Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., menghadiri peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2024 yang dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo, di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta, pada Selasa (1/10/2024).

Peringatan ini menjadi momen penting dalam sejarah perjalanan bangsa, untuk mengenang dan menghormati Tujuh Pahlawan Revolusi yang gugur dalam peristiwa G30S/PKI, yang dilancarkan oleh kelompok yang ingin mengganti ideologi Pancasila.

“Untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang bangsa, khususnya para Pahlawan Revolusi, mengheningkan cipta dimulai,” ujar Presiden Jokowi memimpin upacara yang berlangsung dengan khidmat.

Dalam rangkaian upacara, Ketua MPR Bambang Soesatyo didaulat sebagai pembaca teks Pancasila, dilanjutkan dengan pembacaan Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 oleh Ketua DPD RI La Nyalla Mahmud Mattalitti.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi juga mengajak seluruh komponen bangsa untuk senantiasa menjaga dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, sebagai landasan kuat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Turut hadir dalam upacara tersebut Menteri Pertahanan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto, pimpinan lembaga tinggi negara, para menteri Kabinet Indonesia Maju, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, para Kepala Staf Angkatan, Wakasad Letjen TNI Tandyo Budi R., perwakilan negara sahabat, serta keluarga Pahlawan Revolusi. (Pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *