Kodiklatal Gelar Peringatan HUT Ke-79 TNI Tahun 2024

Kodiklatal Gelar Peringatan HUT Ke-79 TNI Tahun 2024

Sengkelatnews.com Kodiklatal menggelar Upacara Peringatan HUT ke-79 TNI Tahun 2024 dengan Inspektur Upacara (Irup) yaitu Komandan Kodikdukum (Dankodikdukum) Laksma TNI Dr. Taufik Arief, yang diikuti seluruh Prajurit dan PNS Kodiklatal bertempat di Lapangan Laut Maluku Kodiklatal. Sabtu (05/10/2024).

Dalam amanatnya Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mengungkapkan bahwa, Peringatan HUT TNI kali ini mengambil tema “TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional Untuk Indonesia Maju”.

Tema tersebut, menurutnya sangat relevan dalam merefleksikan cita-cita, semangat dan tujuan TNI sebagai prajurit yang Profesional, Responsif, Integratif, Modern, dan Adaptif, dalam menjaga serta mengawal kelangsungan hidup bangsa dan negara.

“Makna yang terkandung dalam tema  tersebut, yaitu bahwa Prajurit TNI sebagai pilar Pertahanan Negara memiliki peran dan tanggung jawab dalam menjaga kedaulatan  dan keutuhan wilayah NKRI, serta mendukung percepatan program pembangunan nasional dan ketahanan negara dalam mewujudkan  Indonesia Maju”, terangnya.

Lebih lanjut, perkembangan lingkungan strategis yang  diikuti perubahan politik, ekonomi dan teknologi terus berkembang secara dinamis dan makin kompleks. Selain telah menciptakan dimensi dan spektrum peperangan baru, juga membawa dampak disrupsi di segala bidang kehidupan. Perkembangan situasi  harus terus diikuti dan menjadi dasar dalam penyiapan kapabilitas TNI dari waktu ke waktu.

Untuk itu, TNI perlu diawaki oleh sumber daya  manusia yang berkualitas tinggi dan  berkemampuan inovatif dalam membangun  institusi yang modern.  Para prajurit TNI harus memiliki  kemampuan dasar tempur, mahir bela diri taktis  sekaligus mampu mengoperasikan dan memelihara Alutsista yang berteknologi tinggi.

“Bila hal ini dapat terwujud, transformasi TNI  menjadi kekuatan pertahanan Indonesia yang  mampu berperan di kancah regional maupun  internasional akan menjadi suatu keniscayaan”, tegasnya.

Sementara itu, Satuan Pendidikan (Satdik) Kodiklatal yang berada di Satdik – 1, Satdik – 2, Satdik – 3 dan Satdik – 4 serta Puslatdiksarmil Kodiklatal  juga menyelenggarakan Upacara Peringatan HUT Ke-79 TNI Tahun 2024 disatuannya masing-masing dengan penuh khidmat dan semangat.(Pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *