Manila Jadi Kota Terakhir Yang Disinggahi KRI Bima Suci Sebelum Kembali Ke Tanah Air

Manila Jadi Kota Terakhir Yang Disinggahi KRI Bima Suci Sebelum Kembali Ke Tanah Air

Sengkelatnews.com Manila menjadi kota terakhir yang disinggahi kapal layar latih tiang tinggi KRI Bima Suci dalam Pelayaran Misi Diplomasi Muhibah Duta Bangsa dan Latihan Praktik (Lattek) Kartika Jala Krida 2024 (KJK 2024), Selasa (15/10).

Salah satu kapal kebanggaan Koarmada II yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Hastaria Dwi Prakoso ini tiba di Filipina, yang merupakan etape ke sembilan sekaligus negara terakhir yang disinggahi oleh KRI Bima Suci sebelum kembali ke tanah air.

Kedatangan KRI Bima Suci di negeri lumbung padi ini, disambut hangat oleh Panglima Koarmada III Laksamana Muda TNI Hersan, Duta Besar Indonesia Untuk Filipina Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo, Commander Of the Littoral Combat Force CMDR Vincent J Sibala, Athan RI Untuk Filipina Kolonel Laut (T) Bambang Wijonarko serta para personel Philipine navy.

KRI Bima Suci yang membawa 98 personel KRI, 189 Taruna AAL yang dibagi menjadi empat gelombang ini rencananya akan singgah mulai tanggal 15 hingga 18 Oktober 2024. Dalam persinggahannya ini, KRI Bima Suci akan melaksanakan berbagai kegiatan seperti Open Ship, Cocktail Party, Sport Activity, dan Cultural Visit di Manila, Filipina.

Dalam Lattek KJK 2024, KRI Bima Suci melaksanakan pelayarannya selama 90 hari dengan menempuh jarak 10.715 NM dengan rute Surabaya – Jakarta – Singapura – Kamboja – Vietnam – China – Korea Selatan – Rusia – Jepang – Filipina – Balikpapan dan kembali lagi ke Pangkalan Surabaya pada akhir Oktober 2024.(Pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *