Satmar Koarmada II Gelar Latihan Penindakan Huru-Hara

Satmar Koarmada II Gelar Latihan Penindakan Huru-Hara

Sengkelatnews.com Dalam rangka memastikan kesiapan pengamanan menjelang Pilkada Serentak 2024 di Wilayah Jawa Timur, prajurit Satuan Marinir (Satmar) Koarmada II menggelar Latihan Penindakan Huru-Hara Marinir di halaman Satmar Koarmada II, Ujung Surabaya, Rabu (23/10). Latihan tersebut dipimpin langsung oleh Dansatmar Koarmada II, Kolonel Marinir Sabono Wantoro, sebagai Perwira Penyelenggara Latihan (Papelat) PHH.

Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan keserasian gerakan dan ketepatan taktik prajurit saat menghadapi situasi kontingensi di lapangan. Dengan demikian, pola penindakan yang dilakukan akan selaras dengan standar teknis yang ditetapkan oleh satuan tugas penindakan huru-hara.

“Latihan ini juga menjadi wujud kesiapan kami dalam mendukung keamanan dan ketertiban, terutama menjelang pesta demokrasi tahun depan. Kami ingin memastikan seluruh prajurit memiliki kesiapan dan ketangguhan fisik serta mental agar mampu melaksanakan tugas dengan profesional dan tetap netral,” ujar Kolonel Mar Sabono Wantoro.

Dalam latihan tersebut, prajurit mempelajari dan mempraktikkan beberapa formasi kunci, yang meliputi Formasi Berbanjar, Formasi Bersaf, Formasi Paruh Lembing, Formasi Serong Kanan/Kiri, dan Formasi Haluan Kanan/Kiri

Selain itu, prajurit juga diajarkan tentang teknik mendorong massa, penindakan terhadap perusuh, serta gerakan penyelamatan dan penangkapan secara efektif.

Disisi lain Latihan PHH ini selaras dengan arahan Panglima Koarmada II, Laksda TNI Ariantyo Condrowibowo, yang menegaskan bahwa prajurit TNI, khususnya Jalasena Koarmada II, harus senantiasa menjaga netralitas dan siap memastikan Pilkada berjalan aman, damai, dan kondusif. Jawa Timur, sebagai salah satu wilayah strategis, diharapkan bisa menyelenggarakan pesta demokrasi dengan tertib dan lancar.

Dengan latihan intensif ini, Satmar Koarmada II menunjukkan kesiapan penuh dalam mendukung pengamanan Pilkada 2024 di Wilayah Jawa Timur, berkomitmen untuk menjaga stabilitas wilayah agar pesta demokrasi berlangsung tanpa hambatan.(Pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *