Dankodiklatal Tekankan Pentingnya Teknologi dan Gizi Prima untuk Kesehatan Prajurit TNI AL

Dankodiklatal Tekankan Pentingnya Teknologi dan Gizi Prima untuk Kesehatan Prajurit TNI AL

Sengkelatnews.com Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah menekankan pentingnya teknologi dan pengelolaan gizi prima dalam mendukung kesehatan Prajurit TNI Angkatan Laut (TNI AL). Hal ini disampaikannya dalam Seminar Kesehatan Pendidikan Spesialisasi Perwira (Dikspespa) Kesehatan TNI AL Angkatan XXII TA. 2024, yang digelar di JOPR Gd. Soedomo Kodiklatal Bumimoro Surabaya.  Kamis (24/10/2024).

Dankodiklatal menyampaikan bahwa era saat ini dipenuhi tantangan dan dinamika yang cepat berubah. Oleh karena itu, penting untuk mengantisipasi dan mempersiapkan segala aspek, termasuk kesehatan Prajurit, agar TNI AL selalu siap menghadapi tantangan demi keberhasilan tugas pokoknya.

“Teknologi kesehatan yang berkembang pesat memberikan peluang dan tantangan bagi TNI AL. Pemanfaatan teknologi terkini dalam kesehatan prajurit tidak hanya akan meningkatkan performa prajurit di medan tugas, tetapi juga memberikan dukungan optimal dalam menjaga kesehatan mental dan fisik mereka. Kesehatan yang prima, baik secara fisik maupun mental, merupakan faktor kunci bagi keberhasilan misi yang diemban,” ungkap Letjen Marinir Nur Alamsyah.

Dankodiklatal berharap hasil dari Seminar ini dapat dimanfaatkan oleh Lembaga Pendidikan maupun Pemimpin TNI AL sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan kebijakan lebih lanjut demi mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

Sementara itu, Komandan Kodikdukum (Dankodikdukum) Kodiklatal Laksma TNI Dr. Taufik Arief saat membuka Seminar ini, menyampaikan bahwa Dikspespa Kesehatan merupakan pendidikan pengembangan Perwira Kesehatan, yang nantinya diharapkan mampu meningkatkan sumber daya manusia TNI AL yang profesional, modern dan tangguh.

Dimana pada saat ini Pasis Dikspespa Kesehatan telah melaksanakan program pendidikan yang meliputi materi ajaran yang sesuai dengan kurikulum Dikspespa Kesehatan yang salah satu diantaranya adalah pelaksanaan Seminar yang merupakan paparan kertas karya tugas Pasis. 

Pada kesempatan ini para Pasis Dikspespa Kesehatan Angkatan XXII TA. 2024 Bidang Keahlian Hiperbarik, Kesehatan Gigi dan Mulut serta Kesehatan Umum akan memaparkan Seminar dengan tema, “Menghadapi Era Baru Kesehatan Prajurit Melalui Teknologi Terkini dan Pengelolaan Gizi Prima Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok TNI AL yang Profesional Menuju Indonesia Emas 2045.”

Menurut Dankodikdukum, dengan terlaksananya Seminar ini, diharapkan akan berguna dalam rangka meningkatkan profesionalisme organisasi kesehatan yang ada di TNI AL yang berhubungan dengan pelaksanaan tugas dukungan kesehatan maupun pelayanan kesehatan.

“Seminar ini juga bertujuan untuk memaparkan karya tulis para Pasis Dikspespa Kesehatan TNI AL dan menerima masukan dari para narasumber, guru, maupun para senior, agar Pasis dapat lebih memahami dasar pemikiran dan mendapatkan tambahan mengenai materi yang dibawakan,” ucap Laksma Taufik.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wadan Kodiklatal Laksda TNI Eko Wahjono, Dirdik Kodiklatal Brigjen TNI Marinir Fransisco Simanjorang, Dirlat Kodiklatal Brigjen TNI Marinir Joni Sulistiawan, Dankodikopsla Kodiklatal Laksma TNI Muhammad Iwan Kusumah, dan Danpusdikkes Kodiklatal Kolonel Laut (K) Fajar Gunawan, Dansepakes Pusdikkes Letkol Laut (K/W) Ns. Ida Dwiningsih, serta undangan lainnya.(Pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *