168 Siswa Dikmata 44/1 Kodikdukum Siap Tempuh Pendidikan Sargolan di Kodiklatal

168 Siswa Dikmata 44/1 Kodikdukum Siap Tempuh Pendidikan Sargolan di Kodiklatal

Sengkelatnews.com Dalam rangka meningkatkan kemampuan diri sebagai ujung tombak TNI Angkatan Laut (TNI AL), sebanyak 168 Siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AL Angkatan 44 Gelombang 1 TA. 2024, melaksanakan upacara pembukaan tahap Dasar Golongan Lanjutan (Sargolan) Kodikdukum Kodiklatal, bertempat di Lapangan Laut Seram Kodiklatal, Bumimoro Surabaya. Senin (28/10/2024).

Wakil Komandan (Wadan) Kodikdukum Kodiklatal Kolonel Laut (S) Tri Yudi Siswantoro yang mewakili Komandan Kodikdukum (Dankodikdukum) Kodiklatal Laksma TNI Dr. Taufik Arief, memimpin upacara pembukaan yang ditandai dengan Pernyataan pembukaan dan penyematan tanda Siswa.

Sebanyak 168 siswa Dikmata mengikuti pendidikan ini, terdiri dari 50 Siswa Pusdiktek terdiri dari, 15 Siswa Kejuruan Mes, 15 Siswa Kejuruan Ang dan 20 Siswa Kejuruan Lis; 18 Siswa Kejuruan Eta di Pusdiklek; 64 Siswa Pusdikbanmin terdiri dari, 10 Siswa Kejuruan Keu, 17 Siswa Kejuruan Ttu, 13 Siswa Kejuruan Bek dan 24 Siswa Kejuruan Ttg; 20 Siswa Kejuruan Apm di Pusdikkes dan 16 Siswa Kejuruan Pom di Pusdikpomal.

Dalam amanatnya yang dibacakan Wadan Kodikdukum, Dankodikdukum menekankan pentingnya perhatian dan pemahaman terhadap ilmu pengetahuan yang akan diberikan oleh para instruktur dan pelatih, baik di kelas maupun latihan praktek.

“Kalian akan dilengkapi dengan alat instruksi yang sudah disiapkan oleh lembaga pendidikan, gunakan alat instruksi tersebut dengan sebaik-baiknya. Hal ini akan menjadikan diri kalian sebagai calon pengawak Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) yang modern dengan teknologi maju,” tegas Dankodikdukum.

Menurutnya, tujuan dari pendidikan dasar golongan lanjutan ini adalah untuk membentuk Prajurit TNI AL yang memiliki moral yang baik, profesional, unggul, modern, dan memiliki kesamaptaan jasmani yang kuat, guna menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini.

Hadir dalam kegiatan, Danpuspeknubika, para Danpusdik dan Kadep serta Dansekolah di jajaran Kodikdukum Kodiklatal. (Pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *