Perwira Korps Hukum TNI AL Wilayah Surabaya Terima Pembekalan Kadiskum AL

Perwira Korps Hukum TNI AL Wilayah Surabaya Terima Pembekalan Kadiskum AL

Sengkelatnews.com Kepala Bagian Hukum (Kabagkum) Kodiklatal Letkol Laut (H) Suhardiman hadiri Pembekalan Perwira Korps Hukum TNI Angkatan Laut di Wilayah Surabaya oleh Kepala Dinas Hukum Angkatan Laut (Kadiskum AL) Laksma TNI Farid Ma’ruf, bertempat di Aula Pusdikbanmin Kodikdukum Kodiklatal, Bumimoro Surabaya. Senin (28/10/2024).

Mengawali pembekalannya, Kadiskum AL menyampaikan bahwa, pentingnya profesionalitas Korps Hukum TNI AL dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Dinas Hukum TNI AL memiliki peran penting dalam pembinaan hukum di lingkungan TNI AL, meliputi pembinaan hukum laut, HAM & humaniter, hukum & per UU-an, kesadaran dan penegakan hukum (Dargakkum), bantuan hukum (Bankum), serta kerjasama dan perjanjian. Semua ini bertujuan untuk mendukung kepentingan organisasi TNI AL.

“Keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai tujuan dan kelangsungannya sangat ditentukan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah Sumber Daya Manusia (SDM), karena pada hakikatnya SDM merupakan penggerak organisasi,” ujar Kadiskum AL.

Laksma Farid mengatakan bahwa, pencapaian tugas TNI Angkatan Laut dipengaruhi oleh kemampuan tiap personel yang mengawakinya sesuai tugas dan perannya, sesuai dengan bidang keahliannya. TNI Angkatan Laut dalam mengelola SDM-nya membagi dalam Korps atau Profesi untuk melaksanakan tugas dan fungsinya, agar dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang cepat.

Hal ini merupakan proyeksi kerja para Perwira Korps Hukum di lingkungan TNI Angkatan Laut, sehingga untuk menyamakan persepsi dan mewujudkan SDM yang profesional sesuai bidang keilmuannya, diperlukan adanya pembinaan sistematis, terarah dan berkesinambungan guna mencapai hasil optimal. Salah satu upaya pembinaan personel dalam rangka mendukung terwujudnya TNI AL yang modern, berdaya gentar, dan berproyeksi global adalah dengan meningkatkan keahlian sesuai Korps bagi personel pengawaknya.

Acara pembekalan ini menjadi momentum penting untuk meningkatkan profesionalitas dan kapabilitas Korps Hukum TNI AL dalam menghadapi tantangan tugas yang semakin kompleks di masa depan, dengan Kadiskum Angkatan Laut selaku Ketua Korps Hukum Perwira TNI Angkatan Laut, diharapkan dapat tercapainya kesamaan visi, misi, persepsi, pola sikap dan tindak berkaitan dengan tugas dan fungsi Perwira Korps Hukum TNI Angkatan Laut.

Acara pembekalan selain dihadiri oleh 100 Perwira Korps Hukum TNI AL Wilayah Surabaya, juga diikuti oleh Kaotmilti III Surabaya Laksma TNI Dr. Ali Ridho dan Aspitmil Kejati Jawa Timur Kolonel Laut (H) Hadi Pangestu, Danpusdikbanmin Kodiklatal Kolonel Laut (S) Wahyu Budi Nugroho, para Kasubdis Diskum AL, Kadiskum Koarmada II, Kadiskum Lantamal V, Kamakum Depiptek AAL, termasuk para Pasis Dikmapa PK Angkatan 31 TA. 2024, serta Siswa Diktukpa Angkatan 54 TA. 2024.(Pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *