Dirum Kodiklatal Hadiri Pemancangan Pertama Pembangunan Pusdik Hidros Di Jakarta

Sengkelatnews.com Direktur Umum (Dirum) Kodiklatal Laksma TNI Dedy Junaidi mewakili Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah menghadiri pemancangan pertama pembangunan Gedung Pusat Pendidikan Hidrografi dan Oseanografi (Hidros) yang dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, bertempat di Kodamar, Jakarta Utara. Selasa (17/09/2024).

Dirum Kodiklatal Hadiri Pemancangan Pertama Pembangunan Pusdik Hidros Di Jakarta


Kasal dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa, Hidrografi dan Oseanografi merupakan salah satu aspek vital yang mendukung keberhasilan operasi militer, navigasi dan keselamatan pelayaran. Selain itu, juga memiliki peran penting dalam eksplorasi sumber daya alam laut dan perlindungan lingkungan laut, yang menjadi salah satu aset utama bangsa.

Lanjutnya, Laksamana Muhammad Ali menerangkan dengan adanya Pusdik Hidros ini diharapkan mampu mencetak personel TNI AL yang tidak hanya terampil dan profesional, tetapi juga memiliki kemampuan analisa yang kuat dan adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Di tempat inilah akan dilahirkan para praktisi handal di bidang Hidrografi dan Oseanografi yang berperan penting dalam keberhasilan pelaksanaan tugas TNI AL”, ujar Kasal.

Kasal juga mengatakan bahwa, peletakan batu pertama ini merupakan langkah awal yang sangat penting dalam mewujudkan Pusdik Hidros sebagai Pusat Pendidikan yang modern dan unggul. Pusdik ini nantinya akan menjadi tempat bagi generasi penerus TNI AL untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan di bidang hidrografi dan oseanografi, yang memiliki peran krusial dalam penegakan kedaulatan wilayah laut Indonesia.

Selain itu, keberadaan Pusdik Hidros juga sejalan dengan visi postur TNI AL dalam mewujudkan “TNI AL yang Modern, Berdaya Gentar Kawasan Dan Berproyeksi Global.” Peningkatan kapasitas dan kapabilitas personel melalui pendidikan dan pelatihan yang berkualitas akan memperkuat kesiapan operasional TNI AL dalam menjalankan tugasnya.(Pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *