Dankodiklatal Pimpin Ziarah di Makam Bung Karno, Sematkan Nilai Luhur Pahlawan untuk Semangat Pengabdian TNI

Sengkelatnews.com Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-79 Tahun 2024, Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah bersama Ketua Gabungan Jalasenastri Kodiklatal Ny. Ayu Nur Alamsyah melaksanakan ziarah ke Makam Bung Karno di Jalan Ir. Soekarno No. 152, Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sanan Wetan, Kota Blitar, pada Sabtu (28/09/2024).

Dankodiklatal Pimpin Ziarah di Makam Bung Karno, Sematkan Nilai Luhur Pahlawan untuk Semangat Pengabdian TNI


Ziarah yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan peringatan HUT TNI ke-79 tahun 2024 ini mengusung tema, “TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional Untuk Indonesia Maju”. 

Rangkaian kegiatan ziarah diawali dengan penghormatan kepada arwah pahlawan, mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga, dan penghormatan akhir kepada arwah pahlawan. Selanjutnya, dilaksanakan pembacaan doa dan tabur bunga bersama rombongan ziarah. 

Dalam kesempatan tersebut, Dankodiklatal juga memberikan tali asih kepada juru kunci Makam Bung Karno (MBK).  Sementara itu, sebagai apresiasi Kasdam V/Brawijaya Brigjen TNI Endro Satoto memberikan penghargaan berupa tiket Umroh Gratis kepada Babinsa Koramil 01/Sukorejo Pelda Wahyudi.

Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah menjelaskan bahwa kegiatan ziarah ke Makam Presiden Republik Indonesia sebagai Panglima Tertinggi Tentara Nasional Indonesia ini, dalam rangka peringatan HUT TNI ke-79 kali ini juga dilaksanakan secara serentak di beberapa daerah, diantaranya ziarah ke Makam Presiden Bung Karno di Blitar dan Makam  Presiden Gus Dur di Jombang.

“Kegiatan ziarah ini juga sebagai wujud penghormatan dan sekaligus untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan terdahulu yang sangat berjasa terhadap perjuangan bangsa Indonesia, terutama Presiden yang merupakan Panglima Tertinggi TNI”, terangnya.

Dankodiklatal berharap nilai-nilai luhur dan keteladanan para pahlawan dapat menjadi penyemangat dan teladan serta motivasi bagi prajurit TNI dalam melaksanakan tugas dan pengabdiannya kepada TNI, Bangsa, dan Negara.  “Semoga kita semua bisa meneladani nilai-nilai luhur para pahlawan, sebagai penyemangat dan pedoman dalam menjalankan tugas dan pengabdian kita kepada TNI, Bangsa serta Negara Kesatuan Republik Indonesia”, tambahnya.

Ziarah ke Makam Presiden Pertama Republik Indonesia ini, Dankodiklatal didampingi Ir Kodiklatal Brigjen TNI Marinir Ahmad Fajar, Kapokgadik Kodiklatal Brigjen TNI Marinir Sarjito, Dirlat Kodiklatal Brigjen TNI Marinir Widodo, Dirdik Kodiklatal Brigjen TNI Marinir Fransisco Simanjorang, Dankodikdukum Laksma TNI Dr. Taufik Arief, Dankodikmar Brigjen TNI Marinir Samson Sitohang, dan Ibu-Ibu Jalasenastri.

Selain itu, turut dihadiri oleh para  Pimpinan TNI AD, TNI AL, TNI AU dan Polri, maupun Forkopimda Jatim serta wilayah Blitar. (Pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *