Kodiklatal Siap Mendidik dan Menempa Calon Perwira dan Bintara Di Kawah Candradimuka Marinir

Sengkelatnews.com Komandan Kodikmar (Dankodikmar) Kodiklatal Brigjen TNI Marinir Samson Sitohang memimpin upacara pembukaan pendidikan Tahap Dasar Golongan Lanjutan (Sargolan) Siswa Diktukpa 54 dan Dikmaba TNI Angkatan Laut (TNI AL) Angkatan 44 Gelombang 1 Kejuruan Marinir TA. 2024. Upacara tersebut berlangsung di Lapangan Ewa Pangalila Kodikmar, Gunungsari Surabaya. Senin, (30/09/2024).

Kodiklatal Siap Mendidik dan Menempa Calon Perwira dan Bintara Di Kawah Candradimuka Marinir


Pembukaan pendidikan tersebut, ditandai dengan pernyataan pembukaan pendidikan dan penyematan tanda siswa oleh Inspektur Upacara kepada Siswa Diktukpa 54 Fuad Ikhsan Fauzi dan Siswa Dikmaba 44/1 Randy Saputra.

Dalam amanatnya, Dankodikmar menyampaikan bahwa para Siswa Diktukpa dan Dikmaba telah memasuki tahap penting dalam pembentukan mereka sebagai prajurit Marinir.  Pendidikan ini merupakan proses lanjutan dalam membangun sumber daya manusia yang profesional, kompeten, berintegritas, dan berkarakter kuat.

Brigjen Marinir Samson juga mengingatkan bahwa pendidikan ini tidak hanya fokus pada aspek intelektual, tetapi juga moral. Pati berbintang satu itu mengharapkan para Siswa dapat menjadi prajurit TNI AL, khususnya pada strata Perwira, yang selalu menjalankan tugas dengan dilandasi norma agama, disiplin, dan hukum yang berlaku.

Pendidikan Diktukpa Tahap Sargolan Marinir akan berlangsung selama 5 bulan, selama masa pendidikan tersebut, para Siswa akan dilatih, dibina, dan ditempa untuk menjadi perwira Marinir yang berjiwa prajurit pejuang Sapta Marga dan mampu menjalankan tugas Komando pada tingkat Peleton.

Sementara itu, pendidikan Dikmaba Tahap Sargolan Marinir akan berlangsung selama 7 bulan. Para Siswa akan dibekali dengan kemampuan dan keterampilan yang mengacu pada tugas pokok Korps Marinir, seperti operasi darat, amfibi, pertahanan pantai, dan operasi Pam Pulau Terluar. Mereka juga akan dilatih menembak senapan, serta mempelajari ilmu dan kesenjataan Korps Komando.

Dankodikmar berharap para Siswa dapat mempersiapkan fisik, mental, dan kesehatan dengan baik untuk menghadapi tantangan selama pendidikan serta pentingnya membentuk para Siswa menjadi Perwira dan Bintara Marinir yang memiliki pola pikir, sikap, dan tindak sesuai kultur dan karakter kemariniran, dengan dilandasi nilai-nilai kejuangan yang tinggi. Kegiatan ini dihadiri oleh para Perwira dan pejabat dijajaran Kodikmar Kodiklatal.(Pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *