Kuatkan Fisik dan Mental Jalasena Muda, Dankodiklatal Buka Dikmaba TNI AL Angkatan 44/2 TA. 2024

Kuatkan Fisik dan Mental Jalasena Muda, Dankodiklatal Buka Dikmaba TNI AL Angkatan 44/2 TA. 2024

Sengkelatnews.com Guna meningkatkan kekuatan fisik dan mental Jalasena Muda, Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah memimpin Upacara Pembukaan dan Orentasi Dikmaba TNI AL Angkatan 44/2 TA. 2024, bertempat di Dermaga Semampir Baru Koarmada II, Ujung Surabaya.  Senin (14/10/2024).

Adapun Upacara Pembukaan dan Orentasi Dikmaba TNI AL Angkatan 44/2 TA. 2024, yang diikuti 511 siswa ini ditandai dengan Pernyataan Pembukaan Pendidikan dan Penyematan Tanda Siswa oleh Dankodiklatal selaku Inspektur Upacara.

Dalam amanatnya, Dankodiklatal menyampaikan bahwa pendidikan ini akan dilaksanakan selama 10 sampai dengan 12 Bulan yang terbagi dalam tiga tahap.  Tahap Pertama, Pendidikan Dasar Keprajuritan (Diksarrit) selama 3 Bulan, Tahap Kedua, Pendidikan Dasar Golongan (Diksargol) selama 2 Bulan yang dilaksanakan di Puslatdiksarmil dan Tahap Ketiga, Pendidikan Dasar Golongan Lanjutan (Diksargolan) di Pusdik-Pusdik Kodiklatal selama 5 sampai dengan 7 Bulan sesuai kejuruan  masing-masing.

“Setelah upacara pembukaan ini, para Siswa akan melaksanakan tradisi mandi laut di dermaga Semampir.  Kemudian, pengenalan Alutsista yang dimiliki Koarmada II berupa kapal perang dan kapal selam Republik Indonesia. Kemudian, menuju Resimen Kavaleri Semarung untuk menerima pengenalan terhadap alutsista kendaraan tempur Korps Marinir oleh Komandan Resimen Kavaleri 2 Marinir”, ungkapnya.

Usai kegiatan orientasi di Koarmada II dan Resimen Kavaleti 2 Marinir, selanjutnya para Siswa akan melaksanakan orientasi di kawah Candradimuka Puslatdiksarmil. Kegiatan tersebut meliputi pengenalan pola pendidikan, serta sarana dan prasarana pendidikan, sehingga para Siswa dapat dengan segera memahami, menyesuaikan dan beradaptasi terhadap lingkungan pendidikan militer yang penuh dengan keteraturan dan kedisiplinan.

“Kegiatan ini juga sebagai pembekalan fisik dan mental sebelum para siswa memasuki pendidikan tahap dasar keprajuritan yang akan dilaksanakan secara intensif dan sistematis dengan tidak memandang waktu siang maupun malam,” tegas Pati TNI AL berbintang tiga tersebut.

Hadir dalam upacara pembukaan Dikmaba TNI AL diantaranya, para Pimpinan TNI AL Wilayah Surabaya, Wadan Kodiklatal Laksda TNI Eko Wahjono, para Pejabat Utama Kodiklatal, serta para Pejabat TNI AL lainnya.(Pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *