Dua Perwira Siswa Kodiklatal Torehkan Prestasi Musabaqah Hifdzil Qur’an Tingkat TNI AL

Dua Perwira Siswa Kodiklatal Torehkan Prestasi Musabaqah Hifdzil Qur'an Tingkat TNI AL

Sengkelatnews.com Ditengah menjalani pendidikan dasar golongan lanjutan di Kodiklatal Surabaya, Dua Perwira TNI AL dari Pusat Pendidikan Bantuan Administrasi (Pusdikbanmin) Kodiklatal berhasil menorehkan prestasi sebagai juara 1 dan 2 kompetisi Masabaqah Hifdzil Qu’ran (MHQ) Tingkat TNI Angkatan Laut (TNI AL) yang diselenggarakan oleh Dinas Pembinaan Mental Angkatan Laut (Disbintalal) secara online maupun langsung.

Adapun dua Perwira TNI AL Alumni Dikmapa PK Angkatan 31 tersebut adalah Letda Laut (KH) Maulana Surya Ihsan yang merupakan lulusan UIN Sunan Ampel asal Sidoarjo berhasil menjadi Juara 1 MHQ Kategori 3 Juz. Sementara Letda Laut (KH) M. Aqiel Syah yang merupakan Alumni UIN Sultan Syarif Kasim asal Pekanbaru berhasil menjadi Juara 2 MHQ Kategori 3 Juz.

Dalam kesempatan tersebut, Letda Maulana mengungkapkan rasa bangga bisa menjadi juara satu kategori 3 juz dilingkungan TNI AL. “Kami harap kegiatan ini setiap tahunnya meningkat baik dari segi kuantitas maupun kualitas yang mengikuti perlombaan, karena kegiatan ini diselenggarakan secara bergantian tahun ini MHQ maka tahun depan MTQ yang kemudian juaranya akan dilombakan ditingkat TNI untuk mewakili TNI di tingkat Internasional,” ujarnya.

Letda Maulana yang melaksanakan uji tahfiz Al Qur’an di ruang rapat Pusdiklek Kodiklatal ini mengungkapkan bahwa, sebelumnya pernah mengikuti lomba MHQ Tingkat Nasional di UIN Walisongo Semarang mendapat Juara Harapan 3. Selain itu, harapannya semoga kedepan para Prajurit Jalasena semakin meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan yang Maha Esa agar selalu mendapat bimbingan dan pertolongan dalam segala aktifitas khususnya menjaga kedaulatan NKRI.

Menurutnya tantangan generasi muda semakin kompleks, sehingga diperlukan keseimbangan antara IPTEK dan IMTAQ , karena salah satu implementasi IMTAQ adalah dengan membaca, menghafal dan mengamalkan Al Qur’an. Semua ilmu yang ada di dunia ini bersumber dari AL Qur’an dan tentunya akan selalu relevan dengan isi yang ada di Al Qur’an. Maka dari itu diharapkan semua generasi khususnya prajurit Jalasena agar selalu terus belajar dan mendalami ilmu Al Qur’an.

Sedangkan Letda M. Aqiel Syah mengungkapkan perasaan senang dapat meraih juara 2 MHQ kategori 3 juz, karena ini perlombaan pertama dan berharap kedepan angkatan laut lebih memerhatikan para penghapal Al Qur’an, agar para anak muda yang gemar mengahapal ataupun membaca Al Qur’an makin tertarik dengan TNI terutama TNI AL.

Kegiatan MHQ TNI AL 2024 kali ini diikuti 24 Peserta yang terdiri 8 peserta dengan tatap muka di Masjid Al Arif Denma Mabesal, dan 16 peserta secara online. Sedangkan dewan juri dalam MHQ TNI AL kategori 3 Juz, 5 Juz dan 10 Juz yakni Muh.Saharuddin, H. Rahmat Batu Bara serta H. Ahmad Anshoruddin.(Pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *