Wadan Pasmar 1 Pimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2024

Wadan Pasmar 1 Pimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2024

Sengkelatnews.com  Wakil Komandan Pasmar 1 Kolonel Marinir Arinto Beny Sarana, S.E., M.M., mewakili Komandan Pasmar 1 (Danpasmar 1) Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq, S.A.P., CHRMP., M.Tr.Opsla., M.Han., memimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang dilaksanakan di Lapangan Apel Brigif 1 Kesatrian Marinir Hartono Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (28/10/2024).

96 tahun yang lalu, tepatnya tanggal 28 Oktober 1928 terjadi peristiwa di mana para pemuda Indonesia menyatakan tekad dan kehendak yang kuat untuk bersatu di tengah kenyataan keragaman untuk menghadirkan negara Indonesia. Yaitu peristiwa kongres kedua yang digelar para pemuda dari gabungan pelajar di Indonesia yang tergabung dalam organisasi bernama Indonesische Student Bond atau Perhimpoenan Peladjar-Peladjar Indonesia (PPPI) sehingga melahirkan Sumpah Pemuda yang berikrar bertumpah darah yang satu tanah Indonesia, mengaku berbangsa yang satu bangsa Indonesia serta menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.

“Nilai-nilai agung yang ditampilkan generasi Sumpah Pemuda 1928 ini harus selalu didengungkan berkali-kali untuk menguatkan kesadaran dan karakter bangsa Indonesia dalam menghadapi berbagai perubahan situasi dan kondisi yang bisa mendegradasi dan melemahkan kekuatan serta eksistensi kebangsaan Indonesia. Harus ada peningkatan untuk memajukan berbagai elemen pelayanan kepemudaan untuk mencapai Indonesia raya, besar dan sejahtera dengan langkah nyata secara bersama, simultan, sinkron dan terkoordinasi.” tegas Wadan Pasmar 1 saat membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.

Upacara Hari Sumpah Pemuda Ke-96 Tahun 2024 yang mengusung tema Maju Bersama Indonesia Raya ini diikuti oleh seluruh prajurit dan PNS Korps Marinir wilayah Jakarta.(Pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *