Jelang Unpd Prajurit Yonif 2 Marinir Tingkatkan Intensitas Latihan Karate

Sengkelatnews.com Jelang Uji Nilai Perorangan Dasar (UNPD), Prajurit Batalyon Infanteri 2 Marinir melaksanakan latihan beladiri Karate di Lapangan apel Brigif 1 Marinir Ksatrian Marinir Hartono Cilandak, Jakarta Selatan. (6/1)

Dalam latihan beladiri Karate kali ini, prajurit Yonif 2 Marinir berlatih dan mempermahir teknik karate yaitu Kata (jurus) yang secara harfiah berarti bentuk atau pola. Kata dalam karate tidak hanya merupakan latihan fisik biasa tapi juga mengandung pelajaran tentang prinsip bertarung, gerakan-gerakan Kata juga banyak mengandung falsafah-falsafah hidup dan setiap Kata memiliki ritme gerakan dan pernapasan yang berbeda.

Yang berbeda dalam latihan kali Ini para “Senpai” menjelaskan Falsafah Karate yang salah satu nya adalah “Rakka” ini adalah konsep bela diri atau pertahanan di dalam karate, penjabarannya setiap teknik pertahanan itu perlu dilakukan dengan bertenaga dan mantap, walau dengan menggunakan satu teknik pun sudah cukup untuk membela diri sehingga diumpamakan jika teknik itu dilakukan ke atas pohon, maka semua bunga dari pohon tersebut akan jatuh berguguran, implementasi nya jika ada orang menyerang dengan memukul muka, maka seorang karateka dapat menggunakan teknik menangkis atas. Sekiranya tangkisan atas itu cukup kuat dan mantap, sang karateka dapat mematahkan tangan lawan yang memukul itu. Dengan itu tidak perlu lagi membuat serangan susulan pun sudah cukup untuk membela diri

Komandan Batalyon Infanteri 2 Marinir Letkol Marinir Amin Surya Laga, S.E., M.Tr.Opsla menyampaikan bahwa latihan beladiri karate tersebut merupakan kegiatan pembinaan Satuan yang wajib dilaksanakan oleh seluruh prajurit Yonif 2 Marinir

Disampaikan juga bahwa kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari instruksi Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto dalam pembinaan Satuan yang dilaksanakan secara bertahap, bertingkat dan berkelanjutan sehingga kemampuan prajurit akan terus terjaga. (Pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *