Pangkalan TNI AL Banyuwangi dan Forkopimda
Periksa Serta Tinjau Mobilitas Kendaraan Ternak

SengkelatNews – Bertempat di Pelabuhan ASDP Ketapang Jl. Raya Situbondo Ketapang Banyuwangi, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Banyuwangi Letkol Laut (P) Ansori bersama Forkopimda laksanakan peninjauan pemeriksaan dan penyekatan mobilitas kendaraan ternak lintas perbatasan Jawa Bali, kemarin Selasa (07/06/2022).

Pangkalan TNI AL Banyuwangi dan Forkopimda <br>Periksa Serta Tinjau Mobilitas Kendaraan Ternak



Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) saat ini tengah mewabah di Indonesia. Penyakit ini banyak menyerang hewan ternak dari mulai sapi, kerbau hingga domba atau kambing dan tergolong penyakit akut yang penyebarannya melalui infeksi virus dan mudah menular.

Pada keterangannya Kapolresta Banyuwangi AKBP Deddy Foury Millewa, S.H, S.I.K, M.H, menyampaikan, “untuk kendaraan yang mengangkut ternak setelah masuk ke Pelabuhan ASDP Banyuwangi kita arahkan ke Karantina hewan untuk dilakukan pemeriksaan, dicek sertifikasinya dan dilaksanakan penyemprotan disinfektan pada hewan ternak tersebut”, jelasnya.

Selanjutnya Danlanal Banyuwangi menambahkan, “untuk mengantisipasi terjadinya penyelundupan hewan ternak, Lanal Banyuwangi bekerja sama dengan Polairud melaksanakan pengawasan di pelabuhan tradisional meskipun jalur utama berada di Pelabuhan penyebrangan Ketapang Gilimanuk, Lanal Banyuwangi telah menyiapkan KAL Rajegwesi dan Patkamla, kemarin sudah melaksanakan beberapa patrol, yang harus di waspadai dan diawasi titik rawan terjadinya penyelundupan hewan ternak adalah pelabuhan tradisonal atau pelabuhan rakyat”, tegasnya.

Kegiatan tersebut selaras dengan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, “jalin soliditas dengan segenap komponen pertahanan dan keamanan negara menuju sinergitas dalam kesemestaan”.(Pen/Akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *