Tingkatkan Kesiapan Prajurit Matra Laut, Kolat Koarmada II Laksanakan Uji Terampil Glagaspur Lanal Pulau Rote

SengkelatNews – Koarmada II. Surabaya, Komando Latihan (Kolat) Koarmada II melaksanakan Uji Terampil Tingkat I/II (P1/P2) Tahun Anggaran 2022 pada Pangkalan TNI Angkatan Laut yang terletak di wilayah paling selatan Negara Kesatuan Republik Indonesia yakni Lanal Pulau Rote jajaran Koarmada II, yang dilaksanakan selama 2 hari, mulai tanggal 20 sampai 21 Juni 2022.

Tingkatkan Kesiapan Prajurit Matra Laut, Kolat Koarmada II Laksanakan Uji Terampil Glagaspur Lanal Pulau Rote



Penilaian uji Glagaspur ini meliputi teori dan praktek kemampuan serta keterampilan prajurit baik secara perorangan maupun kerja sama tim meliputi, uji tulis, Peraturan Baris Berbaris (PBB), Peraturan Dinas Dalam (PDD) Khas TNI AL, bongkar pasang senjata, peluit, tali temali, menembak laras panjang dan pistol, penanggulangan kebakaran, dll.

Dalam kesempatan tersebut Komandan Lanal Pulau Rote Letkol Laut (P) M. Noordin Mutaqien menjelaskan bahwa, penilaian uji terampil glagaspur Pangkalan Tingkat I (P1) dan Tingkat II (P2) yang dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan pola pembinaan latihan Pangkalan serta menentukan tindakan korektif yang diperlukan. “Kita berharap hasil dari kaji ulang yang telah dilaksanakan agar ditindak lanjuti sebagai dasar pijakan pembangunan kekuatan Lanal Pulau Rote sebagai Pangkalan terdepan sehingga mampu untuk mencapai kesiapan tempur sesuai dengan standarisasi yang dipersyaratkan.” Tandasnya.

Sementara itu Komandan Kolat Koarmada II Kolonel Laut (P) Kunto Tjahjono, mengatakan bahwa kegiatan Glagaspur merupakan program rutin dari Kolat Koarmada II dan kegiatan ini merupakan perintah dari Pangkoarmada II Laksda TNI T.S.N.B. Hutabarat agar Pangkalan TNI AL dibawah jajaran Koarmada II melaksanakan uji Glagaspur yang merupakan bentuk penilaian terhadap penyelenggaraan latihan pangkalan untuk menentukan berhasil tidaknya suatu latihan. Serta selaras dengan program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dalam pembangunan SDM TNI Angkatan Laut yang unggul, serta merupakan penyelarasan doktrin, operasi latihan dan sistem pelatihan yang fleksibel dan adaptif terhadap dinamika situasi terkini.

(Pen/Akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *