UKUR KEMAMPUAN FISIK PRAJURIT, YONMARHANLAN XII ADAKAN SAMAPTA PERIODIK

SengkelatNews.Com – Dalam rangka menindaklanjuti perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono yakni membangun Sumber Daya Manusia yang unggul dan profesional serta tangguh dalam menghadapi segala ancaman. Prajurit Jaguar Yudha Khatulistiwa Yonmarhanlan XII Pontianak mengikuti Tes Samapta Periodik bertempat di Ksatrian Marinir Usman Harun Mako Yonmarhanlan XII Jl. Abdul Rani, Kuala secapah, Mempawah- Kalimantan Barat. Jum’at(24/06/2022).

UKUR KEMAMPUAN FISIK PRAJURIT, YONMARHANLAN XII ADAKAN SAMAPTA PERIODIK


Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) XII Mayor Marinir Anton Koerniawan, M. Tr.Opsla melaui Pjs Pasi Pers Letda Marinir Setiya menjelaskan, Kegiatan samapta periodik ini merupakan program dari komando atas untuk mengukur tingkat dan kondisi kebugaran personil.

Secara teknis, Kegiatan ini diawali dengan pemeriksaan kesehatan. Sehingga apabila memenuhi syarat medis maka personil akan dapat mengikuti kegiatan tersebut.

Adapun materi tes samapta meliputi, Kesegaran A (Lari 12 menit) Kesegaran B antara lain Pull Up, Sit Up, Push Up, Shutle Run. Setelah melaksanakan tes samapta, seluruh peserta melaksanakan tes kemampuan renang.

” Tes samapta hukumnya wajib diikuti oleh seluruh prajurit dan kepada seluruh personil agar melaksanakan kegiatan ini dengan sungguh-sungguh dengan selalu memperhatikan faktor keamanan, sehingga dalam pelaksanaan samapta periodik ini dapat berjalan dengan aman, lancar, dan tertib”, tandasnya.

Dikatakan, selain sebagai tolak ukur kemampuan fisik untuk menunjang kesiapsiagaan satuan. Tes samapta ini juga sebagai sarana untuk menjaga kebugaran jasmani.(PenPasmar/Akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *