Simulasi Pertahanan Pangkalan, Prajurit TNI AL di Banyuwangi Hancurkan Pesawat Musuh

SengkelatNews.Com – Prajurit Pangkalan TNI AL Banyuwangi berhasil hancurkan pesawat musuh yang melintasi wilayah Lanal Banyuwangi, Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari simulasi latihan Pertahanan Pangkalan TW. III Tahun Anggaran 2022 yang digelar di Mako Lanal Banyuwangi Jl. Raya Situbondo No. 54 Ketapang Banyuwangi. Kamis (23/06/2022).

Simulasi Pertahanan Pangkalan, Prajurit TNI AL di Banyuwangi Hancurkan Pesawat Musuh



Latihan yang dipimpin langsung oleh Komandan Lanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Ansori ini melibatkan Kapal Angkatan Laut (KAL) Rajegwesi II-5-40 yang disimulasikan sebagai Kapal PKR (Perusak Kawal Rudal) yang berperan sebagai Gap Filler serta melibatkan TNI Polri (Kodim 0825 Banyuwangi, Polresta Banyuwangi) Satpol PP dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Banyuwangi untuk menunjang kegiatan tersebut. Latihan ini merupakan aplikasi dari materi pertahanan pangkalan yang sebelumnya disampaikan secara teori oleh instruktur Lanal Banyuwangi diantaranya Palaksa Lanal Banyuwangi Mayor Laut (T) Hari Handoko dan Pjs. Pasops Lanal Banyuwangi Lettu Laut (P) Meiyanto dibantu Perwira Staf Lanal Banyuwangi.

Kegiatan latihan uji terampil ini diselenggarakan sejak tanggal 22 hingga 23 Juni 2022, adapun materi latihan yang dilaksanakan meliputi Peran Pertahanan Pangkalan (Hanlan), peran Penanggulangan Kebakaran (PEK), Peran Penindakan Huru Hara (PHH), Peran penanganan Evakuasi Medis, Kecakapan Komunikasi, Keterampilan Bahari, Keterampilan Bongkar Pasang Senjata, Renang Militer, Menembak, PDD Khas TNI AL, PBB (Peraturan Baris Berbaris) dan latihan Upacara Pemakaman Militer, serta Permildas atau P5T.

Danlanal Banyuwangi selaku Pimpinan Latihan (Pimlat) menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai ajang untuk mengasah profesionalisme prajurit lanal Banyuwangi agar senantiasa siap dalam setiap menghadapi tugas yang diberikan.

Selanjutnya Danlanal Banyuwangi mengucapan terima kasih atas dukungan dan kerjasama yang diberikan oleh prajurit Lanal Banyuwangi, sehingga kegiatan dapat berjalan dengan baik dan lancar, serta banyak ilmu dan pengalaman yang didapat selama kegiatan latihan bersama ini.(Pen/Akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *