Komandan Pasmar 2 Pimpin Penanaman Mangrove Prajurit Brigif 2 Marinir Dan Menart 2 Marinir

Sengkelatnews.com (Surabaya) Untuk menjaga ekosistem wilayah pesisir dan mencegah abrasi, Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Suherlan bersama Prajurit Pasmar 2 dari Brigade Infanteri 2 Marinir dan Resimen Artileri 2 Marinir menanam 2.400 bibit mangrove di kawasan Wisata Mangrove Medokan Ayu Rungkut Surabaya. Kamis (21/07/2022).

Komandan Pasmar 2 Pimpin Penanaman Mangrove Prajurit Brigif 2 Marinir Dan Menart 2 Marinir

Penanaman mangrove diawali dengan kegiatan gowes bersama dengan titik start di depan Mako Brigif 2 Marinir menuju Puspenerbal Juanda dilanjutkan ke Gisik Cemandi, setelah melintas jalan Gununganyar, langsung menuju lokasi penanaman mangrove di Taman Wisata Kebon Raya Mangrove Medokan Ayu Rungkut Surabaya, dengan jarak sekitar 20 km ditempuh dengan waktu 56 menit.

Penanaman mangrove kali ini adalah yang ke dua, setelah pada tanggal 07 Juli yang lalu dilaksanakan penanaman oleh Prajurit Menbanpur 2 Marinir, dan bertepatan dengan hari mangrove sedunia tanggal 26 Juli nanti, Pasmar 2 kembali akan menanam bibit mangrove jenis Rhizophora mucronata sebanyak 1.400 bibit, Komandan Pasmar 2 mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut perintah dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, agar seluruh jajaran TNI Angkatan laut melaksanakan penanaman mangrove.

Lebih lanjut dikatakan, sebagai bangsa yang dianugerahi sebuah negara kepulauan terbesar dengan potensi kekayaan sumber daya alam yang melimpah, kita bangun kembali budaya maritim dengan mengelola wilayah laut dan pesisir.

Kita berkewajiban membantu Pemerintah untuk melestarikan lingkungan, agar lingkungan menjadi lebih sejuk, karena kita tahu bahwa telah terjadi pemanasan global sehingga kita harus berupaya ikut berperan aktif mengurangi pemanasan global tersebut dengan menggalakkan penghijauan.

Mangrove ini merupakan tanaman yang sangat bermanfaat bagi lingkungan, mengikat zat hara yang berguna bagi tumbuh-tumbuhan tempat hidupnya habitat hewan laut yang akan berkembang bagian dari ekosistem yang ada di pantai, mangrove mencegah erosi dan abrasi akibat hempasan ombak laut. “Niatkan pada diri kita semua, untuk menanam dengan gembira dan penuh ikhlas, semoga menjadi amal ibadah bagi kita semua” tegas Komandan Pasmar 2.

Ikut serta dalam kegiatan tersebut, para Asintel Danpasmar 2, Danbrigif 2 Marinir Kolonel Marinir I Gede Edy Supryadi, Danmenart Kolonel Marinir Gunawan Tri Utomo dan para Komandan Satuan jajaran Pasmar 2.(pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *