Pangkalan TNI AL Cilacap Gelar Serbuan Mangrove di Pantai Laguna

Sengkelatnews.com – Pantai Laguna di Kecamatan Mirit Kebumen akan terilihat berbeda diwaktu yang akan datang kenapa, karena sebanyak 1.500 pohon Magrove berhasil ditanam oleh Pangkalan TNI AL (Lanal) Cilacap, Kamis (21/07/2022)

Pangkalan TNI AL Cilacap Gelar Serbuan Mangrove di Pantai Laguna

Kegiatan penanaman mangrove yang dihadiri oleh Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Cilacap Kolonel Laut (PM) Sugeng Subagyo didampingi Ketua Cabang 3 Korcab V Daerah Jalasenastri Armada (DJA) II Ny. Sri Sugeng Subagyo beserta Prajurit Lanal Cilacap, Bupati Arif Sugiyanto dan Jajaran Forkopimda Kabupaten Kebumen ini sebagai upaya melestarikan lingkungan menjadi hijau, mencegah terjadinya Abrasi serta meningkatkan daya tarik obyek wisata pantai laguna Kebumen.

Disela-sela penanaman Mangrove, Danalanal Cilacap menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk sinergitas antara Lanal Cilacap dengan Pemkab Kebumen untuk mengembangkan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat maritim. Selain mencegah abrasi dan dampak perubahan iklim, pohon mangrove juga mempunyai nilai ekonomi jika dikembangkan, dengan memanfaatkan daun dan buahnya sebagai sumber makanan dan getahnya sebagai bahan pewarna batik.

Kegiatan penanaman mangrove berjenis Rizovorap oleh Lanal Cilacap bertepatan dengan kegiatan Grebeg Besar Laguna Beach Expo 2022 merupakan kegiatan yang dapat meningkatkan UMKM desa Lembu Purwo serta menambah daya tarik destinasi wisata pantai.

Kegiatan ini juga sejalan dengan Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono ” Jaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara”.(pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *