PRAJURIT PASMAR 1 IKUT PECAHKAN REKOR MURI WATER TRAPPEN

Sengkelatnews.com (Jakarta). Di Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Tentara Nasional Indonesia (TNI) tahun 2022, sebuah catatan sejarah diukir oleh TNI Angkatan Laut. Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono memerintahkan prajuritnya untuk memberikan “Kado Istimewa” untuk TNI. Aksi ini dicatat sebagai pemecahan rekor MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia). Ribuan prajurit Pasmar 1 dipimpin oleh Komandan Pasmar 1 (Danpasmar 1) Brigjen TNI (Mar) Dr. Hermanto, S.E., M.M., CSBA., yang bertindak sebagai ketua panitia Water Trappen bertempat di Satuan Patroli (Satrol) Lantamal III, Pantai Mutiara, Pluit, Jakarta Utara, Rabu (05/10/2022).

PRAJURIT PASMAR 1 IKUT PECAHKAN REKOR MURI WATER TRAPPEN


Ribuan prajurit TNI Angkatan Laut secara serentak menggelar aksi Water Trappen di 77 lokasi di seluruh jajaran TNI AL yang tersebar di seluruh Indonesia. Peserta berasal dari TNI dan POLRI serta sipil. Mayoritas peserta adalah prajurit Matra Laut. 77 lokasi mempunyai makna untuk memperingati Hari Ulang Tahun ke 77 TNI. Kegiatan ini dicatat oleh MURI sebagai kegiatan Water Trappen dengan peserta terbanyak dan yang pertama serta tersebar di tempat yang banyak. Tercatat 8.887 peserta ikut dalam kegiatan ini.

Para peserta melakukan Water Trappen selama 30 (tiga puluh) menit tanpa jeda, para peserta melakukan Water Trappen di laut dengan formasi “HUT ke 77 TNI”, bernuansa Merah Putih.

Lebih lanjut, Water trappen merupakan teknik mengapung diair tanpa berpindah tempat, teknik ini dapat dilakukan dengan posisi tubuh tegak lurus dalam air dan hanya menggerakkan bagian kaki seperti kaki katak. Fungsi dari teknik ini adalah untuk menghemat tenaga dan mengurangi keluarnya keringat yang dapat memicu dehidrasi. Pada saat bertahan hidup di laut teknik ini sangat bermanfaat untuk mempertahan diri sampai bantuan datang untuk menolong.

Dalam kegiatan tersebut Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto beserta para Pejabat Utama (PJU) TNI Angkatan Laut ikut melaksanakan Water Trappen ditengah-tengah para prajuritnya.

Secara terpusat Water Trappen ini dilaksanakan di Jakarta, sebagai penanggung jawab kegiatan pemecahan Rekor MURI untuk Water Trappen ini adalah Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto menjadi pimpinan upacara sekaligus menerima penghargaan MURI dari General Manager MURI Bapak Awan Raharjo. (Pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *