PRAJURIT YONMARHANLAN XI MERAUKE LAKSANAKAN LATIHAN HANLAN DAN PHH DALAM UJI TRAMPIL GLAGASPUR

Sengkelatnews.com Prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) XI dan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) XI Merauke melaksanakan latihan Pertahanan Pangkalan (Hanlan) dan Penindakan Huru Hara (PHH) dalam rangka kegiatan Uji Petik Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) P-1 dan P-2 di Mako Lantamal XI Jl. Noari Distrik Merauke, Kabupaten Merauke, Papua Selatan. Kamis (27/10/2022).

PRAJURIT YONMARHANLAN XI MERAUKE LAKSANAKAN LATIHAN HANLAN DAN PHH DALAM UJI TRAMPIL GLAGASPUR


Latihan P-1 dan P-2 ini merupakan sarana untuk memelihara serta meningkatkan kemampuan, baik individu prajurit maupun satuan sehingga peningkatan kemampuan ini harus dibina serta dikembangkan secara terprogram. Seluruh prajurit Lantamal XI dan Yonmarhanlan XI melaksanakan kegiatan uji terampil ini dengan sungguh-sungguh sehingga tujuan dari uji terampil P-1 dan P-2 ini dapat terwujud sesuai standar yang ditetapkan.

Uji Petik Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) P-1 dan P-2 terhadap prajurit Lantamal XI dan Yonmarhanlan XI di awali dengan latihan PHH dimana diskenariokan Lantamal XI didemo oleh masyarakat nelayan sekitar Mako Lantamal, dimana isi demonya adalah agar Lantamal XI mengeluarkan nelayan yang ditangkap oleh kapal Patroli dari Lantamal XI yang terindikasi kapal nelayan tersebut melakukan tindakan menangkap ikan secara ilegal yaitu menggunakan bahan peledak/bom ikan.

Kemudian Mako Lantamal XI didukung Yonmarhanlan XI dimana salah satu tugas pokoknya yaitu melaksanakan pengamanan obyek Mako Lantamal XI bersama-sama menghalangi para pendemo dengan mengerakan Tim PHH Yonmarhanlan XI. Awalnya pendemo masih berorasi didepan Mako Lantamal XI namun karena permintaanya tidak terakomodir sehingga pendemo mulai anarkis dan berhasil menerobos pintu pagar Pos Penjagaan Lantamal XI. Karena kesigapan Tim PHH prajurit Yonmarhanlan XI akhirnya para pendemo berhasil diatasi dan dibubarkan tanpa ada perlawanan.

Pasiops Yonmarhanlan XI Mayor Marinir Michael Decky Lumbaa selaku Kooordinator PHH mengatakan bahwa ini adalah salah satu uji petik penilaian kegiatan dari Glagaspur Pangkalan sehingga para prajurit Yonmarhanlan XI dan Lantamal XI diuji sampai sejauh mana kemampuan dalam bertindak yang tepat yaitu siapa berbuat apa apabila dalam mengahadapi setiap penugasan. (Pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *