Komandan Pasmar 2 Ikuti Upacara Penutupan Geladi Posko Latihan Armada Jaya XL TA 2022

Sengkelatnews.com (Surabaya). Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Suherlan selaku Danpasrat mengikuti upacara penutupan Geladi Posko latihan Armada Jaya (AJ) ke XL TA. 2022 secara Virtual, di Ruang Auditorium Gedung R. Sudomo, Kodikalatal. Rabu (26/10/2022).

Komandan Pasmar 2 Ikuti Upacara Penutupan Geladi Posko Latihan Armada Jaya XL TA 2022


Upacara penutupan Geladi Posko Latihan Armada Jaya XL TA. 2022 tersebut, ditutup oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono yang diwakili oleh Wakil kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono di Mabesal Jakarta, yang sebelumnya diawali dengan kaji ulang Evaluasi dan laporan pelaksanaan Geladi Posko oleh Dankodiklatal Letjen TNI (Mar) Suhartono selaku Direktur Latihan (Dirlat).

Pada amanat Kasal yang dibacakan Wakasal mengatakan bahwa, dalam mencermati perkembangan Lingstra dewasa ini, dimana perdamaian dan stabilitas keamanan dunia yang sedang menghadapi tantangan dengan mencuatnya berbagai konflik dan ketegangan di beberapa kawasan, termasuk kawasan dimana kita berada. Ketegangan-ketegangan tersebut dapat saja berubah menjadi konflik terbuka apabila masing-masing pihak tidak dapat berkompromi dengan perbedaan kepentingan yang ada. Langkah terbaik yang harus kita lakukan adalah memastikan kesiapan kita untuk menghadapi apapun situasi yang mungkin terjadi.

Kesiapan dan kemampuan yang harus kita bangun termasuk mampu melaksanakan operasi di luar teritorial. Hal ini penting, sebab jika kita terpaksa harus berperang, sedapat mungkin kita hindari peperangan di dalam wilayah sendiri untuk menghindari kehancuran yang tidak perlu, kita harus dapat mengalahkan musuh sebelum mereka memasuki teritori negara kita. Oleh karena itu, skenario yang kita gunakan dalam latihan Armada Jaya kali ini adalah operasi gabungan di luar wilayah NKRI, skenario ini sekaligus untuk menggali ide dan pemikiran tentang strategi melaksanakan operasi di luar wilayah, sehingga dapat disusun doktrin operasi yang tepat.

Di akhir amanatnya, Kasal menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Latihan Armada Jaya ke-XL TA. 2022 ini, khususnya kepada perancang, Komando serta seluruh peserta latihan yang telah mencurahkan pikiran dan tenaga demi keberhasilan penyelenggaraan Latihan Armada Jaya ini. (Pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *