PRAJURIT YONPOM 1 MARINIR GELAR OLAH TKP DALAM MENANGANI KECELAKAAN LALU-LINTAS

Sengkelatnews.com Prajurit Batalyon Polisi Militer 1 Marinir (Yonpom 1 Mar) mengadakan latihan Olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) kecelakaan lalu lintas (laka lalin) dalam Latihan Perorangan Kesenjataan (LPK) TW I Tahun 2023 bertempat di Kesatrian Marinir Hartono Cilandak, Jakarta Selatan. (3/3)

PRAJURIT YONPOM 1 MARINIR GELAR OLAH TKP DALAM MENANGANI KECELAKAAN LALU-LINTAS


Olah TKP adalah salah satu fungsi teknis dalam satuan Polisi Militer yang dianggap sangat penting. Olah TKP yang baik dan benar adalah membuat suatu kasus bisa lebih mudah terdata, terbaca, dan pada akhirnya terpecahkan.

Pengungkapan sebuah kasus kriminal sudah barang tentu tidak lepas dari keberadaan TKP dan berbagai bukti yang ada terkait kejadian tersebut. Penanganan olah TKP tindak pidana umum dan laka lalin, menjadi sangat penting dikaitkan dengan perkembangan masyarakat dalam kasus kejadian.

Dalam penanganan olah TKP dilakukan dengan cara meminta keterangan saksi, mengumpulkan barang bukti, mengidentifikasi, dan mendokumentasi sehingga dapat dijadikan bahan analisa sebagai bahan laporan ke pimpinan.

Sementara itu Komandan Batalyon Polisi Militer 1 Marinir (Danyonpom 1 Mar) Letkol Laut (PM) Triono Adi Susilo, M.Tr.Hanla.,M.M., mengatakan, tujuan dilaksanakan latihan olah TKP ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan meningkatkan keterampilan dalam mencari penyebab terjadinya suatu kecelakaan.

“Pelatihan ini bertujuan untuk membekali dan melatih ketrampilan serta meningkatkan profesionalisme prajurit Yonpom 1 Mar dalam hal penanganan olah TKP,” tegasnya. (Pen /akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *