Dankodiklatal Lantik 903 Siswa Dikmaba Angkatan XLII Gelombang II, Keluarga Saksikan Dengan Haru dan Bangga

Dankodiklatal Lantik 903 Siswa Dikmaba Angkatan XLII Gelombang II, Keluarga Saksikan Dengan Haru dan Bangga

Sengkelatnews.com Setelah sebelumnya melaksanakan upacara penutupan pendidikan, hari ini disaksikan oleh keluarga dan sanak saudara dengan rasa haru dan bangga, sebanyak 903 Siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) Angkatan ke-42 Gelombang II Tahun 2022 kebanggaan TNI Angkatan Laut (TNI AL) resmi dilantik dan diambil sumpahnya oleh Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Suhartono, dalam upacara pelantikan yang digelar di Lapangan Kawah Candradimuka Puslatdiksarmil Juanda Sidoarjo. Kamis (09/03).

Dankodiklatal Lantik 903 Siswa Dikmaba Angkatan XLII Gelombang II, Keluarga Saksikan Dengan Haru dan Bangga


“Dengan rasa bahagia dan bangga, saya mengucapkan selamat dan sukses kepada 903 orang siswa Dikmaba angkatan ke-42 gelombang II TA 2022, atas keberhasilannya menyelesaikan Pendidikan Dasar Keprajuritan dan Pendidikan Dasar Golongan yang dilaksanakan di Puslatdiksarmil. Pendidikan yang berjalan lancar tanpa ada kendala yang berarti, sehingga saat ini saudara semua berhak untuk mengikuti upacara pelantikan sekaligus penyumpahan Bintara TNI AL dengan pangkat Sersan Dua”, kata Komandan Kodiklatal Letnan Jenderal TNI Marinir Suhartono.

Orang nomor satu di Kodiklatal ini juga berpesan melalui sumpah yang baru saja diucapkan, saat ini para siswa yang telah menjadi prajurit TNI AL dengan menyandang pangkat Sersan Dua hendaknya pola pikir, pola sikap dan pola tindak mereka harus mencerminkan postur prajurit TNI AL yang dilandasi oleh jiwa Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Trisila TNI AL.

Lebih jauh Dankodiklatal mengungkapkan bahwa, Kodiklatal bagian integral organisasi TNI AL memiliki peran strategis dalam mendukung terwujudnya kemampuan dan kekuatan angkatan laut yang profesional, modern dan tangguh guna mencapai kesiapan tempur dan kesiagaan operasi yang tinggi. Oleh karena itu, prajurit matra laut hasil didik Kodiklatal haruslah profesional dan tangguh sebagai patriot NKRI guna menjaga kedaulatan di laut, serta mendukung terwujudnya visi geopolitik Indonesia sebagai poros maritim dunia yang disegani, sejahtera, dan kuat.

Sementara itu, sejumlah aksi keterampilan siswa ikut mewarnai acara pelantikan dan penyumpahan. Diantaranya Kolone Senapan dikolaborasikan dengan Semapur, Bela Diri Militer, Seni Reog Ponorogo dan Yel-Yel. Semua aksi itu dibawakan dengan apik oleh siswa yang secara intens dilatih oleh para instruktur dan Bingsis disela waktu belajar dan latihan praktek. Setelah ini mereka akan melaksanakan Pendidikan Dasar Golongan Lanjutan selama 5 hingga 6 bulan di Kodikopsla, Kodikmar, dan Kodikdukum sebagai unsur pelaksana pendidikan Kodiklatal.


Dalam kesempatan ini, Dankodiklatal juga memberikan penghargaan kepada Amzar Ghausie E1-02 kejuruan Marinir sebagai lulusan terbaik, dengan asal pendaftaran Lantamal I Belawan. Putra dari Bapak Faisal dan Ibu Koriah ini lahir di Tanjung Balai pada 25 Desember 2001.

Turut hadir yakni Komandan Puspenerbal Laksamana Muda TNI Imam Musani, Wadan Kodiklatal Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi, Ir Kodiklatal Brigjen TNI (Mar) Amir Faisol, Kapokgadik Kodiklatal Brigjen TNI (Mar) Ichwan Dargianto, Komandan Pasmar-2 Surabaya Brigjen TNI (Mar) Y. Rudy Sulistyanto, para Direktur, Komandan Kodik, dan Komandan Pusdik jajaran Kodiklatal.(pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *