Cara Mengontrol Berat Badan

Cara Mengontrol Berat Badan

Mengontrol berat badan memang dapat menjadi persoalan bagi sebagian orang, terlebih jika mereka harus rutin mengonsumsi insulin. Meskipun insulin sangat membantu untuk menjaga kadar gula darah, namun mungkin untuk beberapa orang secara tidak sengaja terjadi kenaikan berat badan. Hal ini dapat membuat penderita diabetes merasa frustasi dan kurang percaya diri, sebab telah banyak upaya yang dilakukan namun belum memberikan hasil yang diinginkan.

Beruntungnya, ada beberapa cara mengontrol berat badan selama rutin mengonsumsi insulin. Pada kesempatan ini, kita akan membahas beberapa tips yang dapat membantu menurunkan berat badan sambil tetap menjaga kadar gula darah.

1. Konsumsi Makanan Yang Seimbang
Sebagai penderita diabetes, Anda pasti sudah familiar dengan konsep mengutamakan makanan yang sehat. Makanan yang sehat tersebut sebaiknya juga seimbang antara karbohidrat, protein, dan lemak. Setiap jenis makanan digunakan untuk peran yang berbeda dan semua sangat penting bagi tubuh. Melakukan perhitungan mengenai jumlah karbohidrat pada makanan juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah.

2. Penuhi Kebutuhan Nutrisi Tubuh
Menjaga tubuh agar tetap mendapatkan nutrisi yang mencukupi sangatlah penting karena sebagian besar penderita diabetes biasanya bisa menjadi kekurangan nutrisi. Pastikan Anda terus untuk memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi, tambahkan juga suplemen apabila dibutuhkan.

3. Jangan Lewatkan Sarapan
Sarapan adalah waktu yang tepat untuk mengontrol berat badan dan lebih stabil. Dengan sarapan, Anda bisa memulai hari yang produktif dengan makanan yang sehat dan tentunya menghindari ngemil terlalu banyak di siang hari.

4. Pertahankan Hidrasi
Saat berada dalam program penurunan berat badan, Anda juga perlu untuk mempertahankan hidrasi yang mencukupi. Air sangat penting untuk membantu mengeluarkan toksin dari dalam tubuh dan juga membantu mencerna makanan dengan lebih baik.

5. Lakukan Olahraga Ringan
Tidak perlu melakukan olahraga yang terlalu berat, cukup olahraga ringan seperti berjalan kaki, bersepeda atau menari sangat membantu untuk membakar kalori dan menurunkan berat badan.

6. Hitung Kebutuhan Kalori Harian Anda
Anda bisa meminta bantuan dokter maupun ahli gizi untuk melakukan perhitungan kebutuhan kalori harian berdasarkan usia, tinggi badan, berat badan, dan aktivitas fisik. Dengan begitu, Anda bisa memperkirakan jumlah kalori yang bisa dikonsumsi secara harian sehingga tubuh tetap sehat dan berat badan turun.

7. Kurangi Asupan Gula
Lemak dan gula menjadi dua kandungan makanan yang banyak dihindari oleh penderita diabetes. Anda bisa mengganti gula dengan pemanis alami seperti stevia, misalnya. Namun, tetap hindari produk yang mengklaim bebas gula namun mengandung banyak pemanis buatan.

Itulah beberapa tips bagi penderita diabetes yang kesulitan menurunkan berat badan. Namun, selain melakukan tips di atas, tetaplah konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi agar pengontrolan kadar gula darah dan berat badan dapat berjalan dengan lebih efektif dan aman. Semoga tips ini dapat membantu Anda dalam mengontrol berat badan di tengah-tengah rutinitas mengonsumsi insulin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *