Bentuk Mental Kuat, Dankodikdukum Berikan Pembekalan Kepada 223 Dikmata TNI AL 43/1

Bentuk Mental Kuat, Dankodikdukum Berikan Pembekalan Kepada 223 Dikmata TNI AL 43/1

Sengkelatnews.com Dalam rangka membentuk mental yang kuat, Komandan Komando Pendidikan Dukungan Umum (Dankodikdukum) Kodiklatal Laksma Dr. Taufik Arief memberikan pembekalan kepada 223 Siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI Angkatan Laut (TNI AL) Angkatan 43 Gelombang 1 TA. 2023, bertempat di Gedung Moeljadi Kodiklatal, Bumimoro Surabaya. Senin, (16/10/2023).

Bentuk Mental Kuat, Dankodikdukum Berikan Pembekalan Kepada 223 Dikmata TNI AL 43/1


Dalam pengarahannya, Dankodikdukum menyampaikan bahwa dari informasi terkini kondisi siswa-siswa baik Bintara maupun Tamtama memang perlu pembenahan, karena kalian dari nol saya isi dengan kebanggaan menjadi keluarga besar Kodikdukum, bangga menjadi bagian Kodiklatal, dan bangga menjadi prajurit TNI AL. Kebanggaan itu mudah tetapi menjadi sulit manakala kita tidak tahu darimana prosesnya itu. Sehingga pengenalan-pengenalan inilah yang nantinya banyak didapatkan oleh kalian.

“Mulailah dari sekarang mengenali organisasi baik di Kodikdukum dan Kodiklatal serta siapa saja pejabatnya, dan pelajari tugas dan fungsi satuan-satuan itu, dan yang paling utama kalian adalah prajurit-prajurit Tamtama artinya kalian akan menjadi pion untuk digerakan kemana saja, untuk bergerak tersebut harus mempunyai kemampuan yang bagus. Jangan lewatkan kesempatan yang berharga ini di Kodikdukum dengan hanya tidur, pesiar yang tidak perlu tetapi setiap pelajaran yang diterima harus diingat sebelum masuk ke satuan operasi baik di kapal maupun pendirat,” kata Laksma Taufik Arief.

Lebih jauh Dankodikdukum mengatakan para siswa tidak salah masuk TNI AL, kedepan banyak program-program seperti tugas keluar negeri, berinteraksi dengan instansi lain, sehingga para siswa harus menyiapkan kemampuan untuk bersaing sehat. 223 harus bisa mewarnai satuan-satuan baru nantinya. Oleh karena itu, harus serius belajar karena kalau tidak kamu akan gagal. Walaupun memiliki pangkat Klasi Dua (Kld) tapi banggalah dengan memberikan yang terbaik selama proses belajar mengajar di Pusdik-Pusdik dalam kondisi fisik dan mental yang sehat.

Jaga fisikmu, danpusdik, dansekolah memerintahkan kalian harus siap karena itu didukung fisikmu yang sehat dan kuat, serta respect.Jadilah satria jalasena yang bagus sehingga satuanmu akan bangga akan kinerjamu, saya akan sidak tidak ada satu leting saling memerintahkan dengan teman lainnya, Karena letting adalah simbol kebersamaan.

Bagi para siswa yang memiliki keahlian di bidang musik maupun olah raga, Dankodikdukum mengatakan
bahwa para siswa agar berani tampil menunjukkan keahliannya, tugas Komandan disini mengasah para siswa, sehingga yang memiliki bakat dibidang-bidang tertentu akan diikutkan lomba. Selain itu, dalam proses belajar mengajar para siswa akan menerima Paket Instruksi dari para instrukutur, pahami dan pelajari betul, dan para siswa boleh memberikan saran atau masukan kepada para instruktur.

“Saya ingin kalian kritis, nantinya kalian akan dikenalkan ilmu sesuai Korps masing-masing, budayakan rasa malu, jangan terlena atau apatis untuk melakukan perbuatan yang merugikan diri sendiri, periode lima bulan bukan waktu yang lama. Yang paling penting apabila ada temannya sakit sampaikan ke bingsis jaga atau instruktur agar bisa segera diobati dengan baik,” pesan Laksma Taufik Arief kepada para siswa Tamtama TNI AL Angkatan 43/1.(pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *