Kodiklatal Terima Kunjungan TNI AU Dalam Rangka Studi Banding

Kodiklatal Terima Kunjungan TNI AU Dalam Rangka Studi Banding

Sengkelatnews.com Direktur Pendidikan (Dirdik) Kodiklatal Laksma TNI Askari menerima kunjunan Tim TNI Angkatan Udara (TNI AU) yang diketuai oleh Paban IV Bindik Spersau Kolonel Adm Arif Purwo Handoko dalam rangka melaksanakan Studi Banding Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) di Kodiklatal, bertempat di Ruang Rapat Ditdik Kodiklatal, Bumimoro Surabaya. Kamis, (19/10/2023).

Kodiklatal Terima Kunjungan TNI AU Dalam Rangka Studi Banding


Dalam kunjungannya, Kolonel Adm Arif didampingi Pabandyabindikpa Letkol Tek Heri Heryadi, Kasikurdikba Labinkur Disdikau Letkol Sus Anang Hadi, dan Staf Watpers Spersau. Sedangkan Laksma TNI Askari didampingi oleh para Paban Ditdik Kodiklatal.

Kolonel Arif saat membacakan amanat Aspers Kasau Marsda TNI M. Fadjar Sumarijadji menyampaikan bahwa, sesuai dengan POP Spersau, disebutkan bahwa Paban IV/Bindik bertugas, merumuskan dan merencanakan kebijakan tentang pembinaan pendidikan personel TNI AU. Untuk itu dalam pelaksanaan tugasnya, Paban IV/Bindik antara lain mempunyai tugas kewajiban mengumpulkan data guna merencanakan dan menyiapkan kebijakan pembinaan pendidikan, merencanakan dan merumuskan kebijakan umum yang berkaitan sistem pembinaan pendidikan.

“Untuk menjamin keberhasilan proses penyelenggaraan pendidikan di TNI AU diperlukan pola pembinaan pendidikan. Dimana pola pembinaan pendidikan tersebut merupakan instrumen yang penting sehingga perlu dilaksanakan pengkajian pola pembinaan pendidikan dengan salah satunya melaksanakan studi banding yang sekarang dilaksanakan di Diktukpa Kodiklatal,” kata Marsda Fadjar.

Lebih jauh Kolonel Arif mengatakan bahwa kegiatan studi banding tentang pembinaan pendidikan kali ini diantaranya meliputi bagaimana rencana kebutuhan pendidikan (Renbutdik) di Diktukpa Kodiklatal, rencana pembinaan pendidikan (Renbindik) di Diktukpa Kodiklatal; mengetahui tentang pengajaran dan latihan terutama data- data yang berhubungan dengan penyelenggaraan pendidikan, serta mengetahui secara langsung kegiatan pengawasan dan pengendalian pendidikan (Wasdaldik) di Diktukpa Kodiklatal.

Sebelumnya, Dirdik Kodiklatal juga berkesempatan mengajak tim TNI AU untuk meninjau beberapa Pusdik yang ada di Kodiklatal seperti ke Sekolah Artileri (Seart) dan Sekolah Senjata Bawah Air (Sesenbar) di Pusat Pendidikan Pelaut (Pusdikpel), dilanjutkan mengunjungi Pusat Pendidikan Bantuan Administrasi (Pusdikbanmin), serta Pusat Latihan Elektronika dan Sistem Kendali Senjata (Puslatlekdalsen).(Pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *