Danpuslatlekdalsen Buka Kursus Operator Pusat Informasi Tempur (PIT) Tahun 2023

Danpuslatlekdalsen Buka Kursus Operator Pusat Informasi Tempur (PIT) Tahun 2023

sengkelatnews.com Komandan Pusat Latihan Elektronika dan Sistem Kendali Senjata (Danpuslatlekdalsen) Kolonel Laut (P) Baharudin Anwar membuka kursus pengawak Operator Pusat Informasi Tempur (PIT) Tahun 2023 yang diikuti sebanyak 20 prajurit TNI AL, bertempat di Auditorium ASTT Puslatlekdalsen Kodikdukum Kodiklatal, Bumimoro Surabaya. Senin, (30/10/2023).

Danpuslatlekdalsen Buka Kursus Operator Pusat Informasi Tempur (PIT) Tahun 2023


Dihadiri oleh Kasubdis Bangdik Disdikal Kolonel Laut (P) Taufik Ramdhan mewakili Kadisdikal Laksma TNI Dodi Agus Prasetyo, kursus ini berlangsung mulai dari tanggal 30 Oktober hingga 7 November 2023. Adapun materi-materi yang diberikan meliputi, Pengenalan Action Speed Tactical Trainer (ASTT), Pengenalan Sistem dan Jaringan ASTT, dan Pengenalan Cubicle dan Server ASTT.

Danpuslatlekdalsen dalam amanatnya menyampaikan bahwa, tugas pokok dan fungsi Puslatlekdalsen sebagai unsur pelaksana dan pembinaan di tingkat komando pelaksana Kodiklatal, bertugas membantu Komandan Kodiklatal dalam penyelenggaraan latihan dan praktek di bidang elektronika kendali senjata yang meliputi alat indera, alat kendali senjata, alat navigasi komunikasi dan alat kendali permesinan.

Lebih jauh dikatakan dalam melaksanakan tugas pokok tersebut, Dinas Pendidikan TNI AL (Disdikal) melaksanakan kursus pengawak Operator PIT yang diselenggarakan di Puslatlekdalsen secara terencana dan bertujuan untuk kaderisasi / transfer of knowledge dari pengawak atau operator simulator PIT.

Dalam hal ini Simulator Action Speed Tactical Trainer (ASTT), Simulator Tactical Combat Management System (TCMS/ Simulator PIT Kelas Sigma) dan Simulator GM-28/4-RI (Simulator PIT Kelas KRI Fatahillah-361) kepada Calon Pengawak Operator Simulator PIT di Puslatlekdalsen.

“Kaderisasi ini sangat diperlukan, mengingat saat ini personel pengawak simulator di Puslatlekdalsen jumlahnya terbatas dan dalam beberapa diantaranya waktu dekat akan memasuki masa purna tugas, sehingga hal ini menjadi suatu kebutuhan organisasi dengan prioritas yang sangat penting,” ungkap Kolonel Baharudin.

Danpuslatlekdasen juga mengatakan bahwa, dengan dilaksanakannya kursus Pengawak Operator PIT ini, diharapkan dapat memberikan bekal pengetahuan bagi para peserta kursus yang nantinya akan terjun langsung sebagai Tenaga Instruktur/ Pembantu Instruktur dalam latihan dan praktek di Puslatlekdalsen, sehingga tugas pokok tersebut terlaksana dengan optimal.(Pen/Akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *