Cegah Global Warming, Wadan Kodiklatal Ikuti Penanaman Sejuta Pohon Di Madiun

Cegah Global Warming, Wadan Kodiklatal Ikuti Penanaman Sejuta Pohon Di Madiun

sengkelatnews.com Dalam rangka mencegah Global Warming dan galakkan penghijauan di bumi Indonesia, Wakil Komandan (Wadan) Kodiklatal Laksda TNI Eko Wahjono mewakili Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono mengikuti kegiatan penanaman 10 juta bibit pohon baik secara langsung maupun video conference, yang terpusat di GOR Pangeran Timur Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Rabu, (15/11/2023).

Cegah Global Warming, Wadan Kodiklatal Ikuti Penanaman Sejuta Pohon Di Madiun


Kegiatan penanaman pohon bersama jajaran Polri ini juga dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Menko PMK) Prof. Dr. Muhadjir Effendy, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Pj Bupati Madiun Ir. Tontro Pahlawanto, Direktur Perbenihan Tanaman Hutan Kemen LHK, dan Direktur Perlindungan Perkebunan Kementan, serta Forkopimda lainnya.

Dalam penanaman tersebut, Wadan Kodiklatal berkesempatan melaksankaan video conference dengan Polda Sulawesi Selatan yang menanam sebanyak 3.900 bibit pohon, sedangkan Menko PMK dengan Polda Sumatera Selatan menanam sebanyak 44.850 bibit pohon, Kapolri dengan Polda Jawa Tengah menanam sebanyak 34.000 bibit pohon, Direktur Perbenihan Tanaman Hutan Kemen LHK dengan Polda Sulawesi Barat menanam sebanyak 7.500 bibit pohon, dan Direktur Perlindungan Perkebunan Kementan dengan Polda Papua menanam sebanyak 4.520 bibit pohon.

Menko PMK Republik Indonesia didampingi Kapolri saat melaksanakan doorstop dengan rekan media menyampaikan ucapan terima kasih karena sudah memprakasai 10 juta pohon sebagaimana arahan Bapak Presiden RI dalam rangka mengurangi resiko bahaya global warming dan perubahan iklim. Sebelumnya Kementrian PMK sejak Mei lalu juga melaksanakan penanaman 10 juta pohon sebagai realisasi persetujuan atau konferensi Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) ke-7 di Bali yang saat ini sudah terlaksana sebanyak 5 juta pohon, sedangkan laporan dari Polda-Polda yang baru saja melaksanakan penanaman pohon sudah melampaui target.

Sementara itu, Kapolri mengungkapkan betapa pentingnya kegiatan penanaman pohon ini sebagai langkah strategis dalam mengatasi perubahan iklim dan degradasi lingkungan. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini tidak hanya sebagai simbol komitmen Polri terhadap pelestarian lingkungan, tetapi juga sebagai aksi nyata dalam mewujudkan keberlanjutan hidup bagi generasi mendatang.

“Penanaman 10 juta pohon ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tapi merupakan tanggung jawab bersama kita semua. Kita tau bersama global warming pemanasan global terus naik 1 derajat mau tidak mau selulur stakeholder dan masyarakat harus menghadapi dan mimikirkan dan salah satunya dengan penanaman 10 juta pohon untuk menjaga keberlanjutan alam,” ujar Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Melalui kegiatan ini, diharapkan mampu memotivasi masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan sekitar dan aktif berperan dalam menjaga kelestarian alam. Keberlanjutan acara serupa diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi daerah-daerah lain di seluruh Indonesia untuk melakukan langkah konkret dalam mendukung program penanaman pohon nasional.(pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *