Prajurit Kodiklatal Terima Sosialisasi dan Survei Reformasi Birokrasi

Prajurit Kodiklatal Terima Sosialisasi dan Survei Reformasi Birokrasi

Semgkelatnews.com Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kodiklatal bersama perwakilan TNI AD, TNI AL dan TNI AU wilayah Surabaya menerima Sosialisasi dan Survei Reformasi Birokrasi (RB) dan Pembangunan Zona Integritas (ZI) TNI Wilayah Surabaya Tahun 2023 oleh Tim RB Srenum Mabes TNI. Acara yang dibuka oleh Paban I Renprogar Ditum Kodiklatal, Kolonel Laut (S) Anas Yusuf Pandjaitan mewakili Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah, bertempat di Gedung R. Moeljadi Kodiklatal, Bumimoro Surabaya. Selasa, (12/12/2023).

Prajurit Kodiklatal Terima Sosialisasi dan Survei Reformasi Birokrasi


Ikut hadir mengikuti kegiatan yang bertujuan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang Reformasi Birokrasi di Satuan Kerja jajaran TNI tersebut,yakni prajurit dari TNI AD,dan TNI AU juga kotama TNI AL lainnya di wilayah Surabaya.

Diharapkan lewat sosialisasi ini, mereka dapat melaksanakan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di satuan kerja masing-masing.

Sementara itu dalam sambutan Dankodiklatal yang dibacakan Kolonel Anas mengatakan bahwa, seiring dengan Reformasi Birokrasi Nasional, Reformasi Birokrasi TNI juga dilaksanakan secara konseptual, gradual dan konstitusional dengan berpegang pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 9 Tahun 2023 Tentang Pedoman Evaluasi Reformasi Birokrasi, dan Peraturan Panglima TNI Nomor 103 Tahun 2022 Tentang Reformasi Birokrasi di Lingkungan TNI.

Lebih lanjut disampaikan bahwa, di tengah agenda penegakan Good Governance secara nasional saat ini, maka Reformasi Birokrasi TNI merupakan hal yang sangat penting bagi peningkatan kapasitas TNI dan sekaligus mencegah terjadinya perilaku penyimpangan aparat berwenang atau yang mengarah pada tindakan korupsi.

“Reformasi Birokrasi yang dilaksanakan di lingkungan TNI meliputi aspek doktrin, aspek struktural dan aspek kultural. Sedangkan pembangunan Zona Integritas sebagai implementasi program Reformasi Birokrasi (RB) TNI, merupakan program jangka panjang sesuai dengan program Reformasi Birokrasi untuk mewujudkan organisasi TNI menuju tata kelola pemerintahan yang bersih dan bebas KKN, transparan, akuntabel dan profesional,” tegas Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah.

Selain Kasatker, peran agent of change yang berkualitas dan berkompeten di masing-masing Satker sangat penting dalam memberikan dampak positif, untuk perubahan pola pikir dan budaya kerja para pengawak organisasi, guna mewujudkan keberhasilan program Reformasi Birokrasi dan terlaksananya pembangunan Zona Integritas di lingkungan organisasi TNI Aangkatan Darat, TNI Angkatan Laut dan TNI Angkatan Udara.

“Oleh karena itu, perlu adanya komitmen dan dukungan yang kuat dari seluruh jajaran di Satuan Kerja masing-masing untuk meningkatkan kinerja dan pengelolaan Zona Integritas demi kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan program Reformasi Birokrasi ini”, pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut, Paban VII RB Srenum TNI, Kolonel Laut (S) Puguh Gurantaka menyampaikan Sambutan Asrenum Panglima TNI yang dilanjutkan paparan Sosialisasi RB, sedangkan Kabin Kunwas Pus RB TNI, Kolonel Adm Yohanis Tandisosang menyampaikan paparan Sosialisasi Pembangunan ZI, yang dilanjukan dengan diskusi dan tanya jawab, serta survey RB dan Monitoring Evaluasi RB.(pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *