Dankodiklatal Hadiri Sertijab Pangkoarmada II yang Kini Dijabat Laksda TNI Denih Hendrata

Dankodiklatal Hadiri Sertijab Pangkoarmada II yang Kini Dijabat Laksda TNI Denih Hendrata

Sengkelatnews.com Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah didampingi Ketua Gabungan Jalasenastri Kodiklatal Ny. Ayu Nur Alamsyah menghadiri kegiatan Serah terima jabatan (Sertijab) Pangkoarmada II dari Laksda TNI Yayan Sofiyan Alumni Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan 39 Tahun 1993 kepada Laksda TNI Dr. Denih Hendrata Alumni AAL Angkatan 35 Tahun 1989. Sertijab yang dipimpin langsung oleh Pangkoarmada RI Laksdya TNI Heru Kusmanto berlangsung di Dermaga Madura Koarmada II, Ujung Surabaya. Senin, (18/12/2023).

Dankodiklatal Hadiri Sertijab Pangkoarmada II yang Kini Dijabat Laksda TNI Denih Hendrata


Dalam amanatnya, Pangkoarmada RI mengatakan bahwa, sertijab di suatu organisasi pada hakekatnya merupakan dinamika dari organisasi tersebut khususnya bidang pembinaan personil, demikian pula organisasi di lingkungan TNI Angkatan Laut dimana serah terima jabatan merupakan tindak lanjut dari program Tour of Duty, dan juga Tour of Area yang dilaksanakan berdasarkan keputusan yang diambil melalui pembahasan dan pertimbangan yang matang dalam suatu sidang penentuan jabatan.

Hal ini bertujuan agar dari waktu ke waktu proses regenerasi proses kaderisasi menjadi lebih baik serta mampu menjawab tantangan dan dinamika yang berkembang saat itu. Sesuai Perpres 66 tahun 2019 Koarmada II merupakan organisasi di bawah Koarmada RI yang mengemban tugas sebagai pelaksana dalam pembinaan kekuatan dan sekaligus bertugas untuk merealisasikan gelar operasi di wilayah kerjanya.

“Kita ketahui bahwa, wilayah kerja yang menjadi tanggung jawab Koarmada II situasinya sangat dinamis memiliki kerawanan terhadap berbagai gangguan dan keamanan. Selain itu, wilayah kerja Koarmada II memiliki perbatasan darat dan perbatasan laut dengan beberapa negara tetangga,” jelasnya.

Hal tersebut tentu saja merupakan kerawanan tersendiri apabila tidak dikelola dengan baik pengamanannya dengan melihat karakter wilayah tersebut tentunya Panglima Koarmada II harus mampu mengantisipasi kemungkinan munculnya ancaman potensial dan ancaman faktual serta harus tanggap terhadap perubahan situasi di wilayah kerjanya terutama dalam menghadapi politik pada tahun 2024.

“Oleh karena itu, Pangkoarmada II yang baru harus segera adaptasi, tugas wewenang dan tanggung jawab yang diberikan dan segera menyatu dengan lingkungan kerja dan dengan berbekal pengalaman penugasan, latar belakang pendidikan dan latihan-latihan yang pernah diikuti. Saya yakin Panglima Koarmada II akan mampu menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan baik,” kata Laksdya Heru di akhir amanatnya.

Kepada Laksda TNI Yayan Sofiyan, Pangkoarmada mengucapkan terima kasih atas kerja keras dedikasi,
serta loyalitas yang ditunjukkan selama mengembang tugas menjadi Pangkoarmada II serta semoga sukses di penugasan yang baru sebagai Asops Kasal.(Pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *