5 Rahasia Ampuh Atasi Cegukan Si Kecil yang Bikin Rewel


5 Rahasia Ampuh Atasi Cegukan Si Kecil yang Bikin Rewel

Cegukan pada bayi adalah hal yang umum terjadi dan biasanya tidak berbahaya. Namun, cegukan yang terus-menerus dapat membuat bayi tidak nyaman dan rewel. Berikut adalah 5 tips untuk meredakan cegukan pada bayi:

1. Sendawakan bayi

Salah satu cara paling efektif untuk meredakan cegukan pada bayi adalah dengan menyendawakannya. Ini dapat dilakukan dengan menggendong bayi tegak dan menepuk punggungnya dengan lembut. Anda juga dapat mencoba menggendong bayi di bahu Anda dan menepuk punggungnya.

2. Ubah posisi bayi

Mengubah posisi bayi dapat membantu meredakan cegukan. Coba gendong bayi secara tegak, miring, atau telentang. Anda juga dapat mencoba mengayunkan bayi dengan lembut atau menggoyangkannya.

3. Pijat bayi

Memijat bayi dapat membantu meredakan cegukan. Cobalah memijat punggung bayi dengan gerakan memutar lembut. Anda juga dapat memijat perut bayi dengan gerakan searah jarum jam.

4. Beri bayi minum

Memberi bayi minum dapat membantu menghentikan cegukan. Anda dapat memberi bayi ASI, susu formula, atau air putih.

5. Tunggu saja

Terkadang, cegukan pada bayi akan hilang dengan sendirinya. Jika cegukan tidak kunjung reda setelah beberapa jam, Anda dapat mencoba salah satu tips di atas.Jika cegukan pada bayi Anda terus-menerus atau disertai gejala lain, seperti demam atau muntah, segera hubungi dokter.

5 Tips Meredakan Cegukan Pada Bayi

Cegukan pada bayi adalah hal yang umum terjadi dan biasanya tidak berbahaya. Namun, cegukan yang terus-menerus dapat membuat bayi tidak nyaman dan rewel. Berikut adalah 5 tips untuk meredakan cegukan pada bayi:

  • Sendawakan bayi
  • Ubah posisi bayi
  • Pijat bayi
  • Beri bayi minum
  • Tunggu saja

Kelima tips tersebut dapat membantu meredakan cegukan pada bayi. Jika cegukan tidak kunjung reda setelah beberapa jam, Anda dapat mencoba salah satu tips di atas. Jika cegukan pada bayi Anda terus-menerus atau disertai gejala lain, seperti demam atau muntah, segera hubungi dokter.

Sendawakan bayi

Cegah cegukan pada bayi dengan cara menyendawakannya setelah menyusu. Gendong bayi tegak dan tepuk punggungnya perlahan. Bisa juga menggendong bayi di bahu dan menepuk punggungnya.

Selain mencegah cegukan, menyendawakan bayi juga dapat membantu mengeluarkan gas yang terperangkap di perutnya. Gas yang menumpuk dapat menyebabkan perut kembung dan tidak nyaman, sehingga membuat bayi rewel.

Jadi, jangan lupa untuk menyendawakan bayi setiap setelah menyusu ya, Bu. Ini akan membuat bayi lebih nyaman dan terhindar dari cegukan.

Ubah posisi bayi

Kalau bayi cegukan, coba ubah posisinya. Gendong bayi secara tegak, miring, atau telentang. Bisa juga ayunkan bayi perlahan atau goyangkan.

Mengubah posisi bayi dapat membantu mengeluarkan gas yang terperangkap di perutnya. Gas yang menumpuk dapat menyebabkan perut kembung dan tidak nyaman, sehingga membuat bayi cegukan.

Jadi, kalau bayi cegukan, jangan ragu untuk mengubah posisinya. Siapa tahu, cegukannya langsung hilang.

Pijat bayi

Kalau bayi cegukan, coba pijat punggungnya dengan gerakan memutar lembut. Bisa juga pijat perutnya dengan gerakan searah jarum jam.

Memijat bayi dapat membantu mengeluarkan gas yang terperangkap di perutnya. Gas yang menumpuk dapat menyebabkan perut kembung dan tidak nyaman, sehingga membuat bayi cegukan.

Selain membantu meredakan cegukan, memijat bayi juga dapat membuatnya lebih rileks dan nyaman.

Beri bayi minum

Kalau bayi cegukan, coba beri ia minum. Bisa ASI, susu formula, atau air putih.

Memberi bayi minum dapat membantu menghentikan cegukan. Ini karena saat bayi menelan, otot diafragma yang berkontraksi saat cegukan akan ikut tertelan.

Jadi, kalau bayi cegukan, jangan ragu untuk memberinya minum. Siapa tahu, cegukannya langsung hilang.

Tunggu saja

Kalau bayi cegukan, kadang-kadang yang perlu kita lakukan adalah menunggu saja. Cegukan biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa menit.

Namun, kalau cegukan bayi tidak kunjung reda setelah beberapa jam, atau kalau cegukan disertai dengan gejala lain seperti demam atau muntah, segera hubungi dokter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *