Wadan Kodiklatal Berikan Resep Rahasia Hidup Bahagia, Tenang dan Damai Menjadi Keluarga Samawa

Wadan Kodiklatal Berikan Resep Rahasia Hidup Bahagia, Tenang dan Damai Menjadi Keluarga Samawa

Sengkelatnews.com Kauseri Agama tentang rahasia hidup bahagia, tenang dan damai serta menjadi keluarga yang sakinah mawaddah warohmah disampaikan oleh Wakil Komandan (Wadan) Kodiklatal Laksda TNI Eko Wahjono saat menyampaikan Tausiyah di Masjid Ibadurrahman Kodiklatal, Bumimoro Surabaya. Rabu, (12/06/2024).

Laksda Eko Wahjono dihadapan Prajurit dan PNS Kodiklatal menjelaskan bahwa seorang laki-laki harus bertanggung jawab menjadi kepala keluarga yang mempunyai semangat juang dan berkorban jiwa raga, untuk menjaga keutuhan keluarganya. Selain itu, seorang kepala keluarga tugasnya melindungi, menyelamatkan, mendidik, dan mensejahterakan keluarganya.

“Jadi sebagai kepala keluarga jangan memberi contoh yang tidak baik, apalagi terlibat hal-hal negatif seperti judi online yang nantinya dapat merusak perekonomian keluarga, sedangkan seorang istri di samping menjadi pendamping suami juga sosok seorang ibu bagi anak-anaknya, sehingga suami istri harus saling menjaga keutuhan rumah tangganya,” kata Wadan Kodiklatal.

Disamping itu, dalam rangka menyambut Idul Adha 1445 H/2024 M, Wadan Kodiklatal juga menyampaikan kenapa Umat Islam harus berkurban, karena dengan berkurban menjadi salah satu cara mendekatkan diri kepada Allah SWT. Berkurban menjadi amalan utama Idul Adha dengan cara melakukan penyembelihan hewan kurban.

Sejarah Nabi Ibrahim AS mengajarkan kita tentang sebuah nilai keihklasan dan ketakwaan terhadap perintah Allah SWT, kita juga diajarkan nilai-nilai pengorbanan, keikhlasan, kesabaran, ketaatan, dan nilai berbagi sekaligus. Terdapat perintah untuk menyembelih hewan kurban dan melaksanakan ibadah haji yang wajib dilaksanakan bagi Anda yang memiliki kemampuan dari segi finansial maupun fisik.

Sebagai seorang Muslim kita juga harus seimbang antara Hablum minallah dan Hablum minannas. Hablum minallah adalah bagaimana manusia berhubungan dengan Sang Pencipta dengan mengikuti segala perintah-Nya dan menjauhi larangannya. Jika hablum minallah dikenal sebagai kesalehan individu atau ibadah mahdhah, hablum minannas merupakan kesalehan sosial atau ibadah ghair mahdhah. Sebab hablum minannas adalah konsep di mana manusia menjaga hubungan baik dengan manusia lainnya.

“Jangan lupa shalat dan jauhi larangan Allah serta bertanggung jawablah dalam kehidupan”, pesannya.(Pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *