Uji Kemampuan Berlayar dan Bertempur, Siswa Bintara dan Tamtama TNI AL Siap Lattek Berlayar WJY/22 Tahun 2024

Uji Kemampuan Berlayar dan Bertempur, Siswa Bintara dan Tamtama TNI AL Siap Lattek Berlayar WJY/22 Tahun 2024

Sengkelatnews.com Dalam rangka menguji kemampuan  Jalasena Muda berlayar dan bertempur, Siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) dan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI Angkatan Laut (TNI AL) Angkatan 43 Gelombang 2 TA.2023 mengikuti Upacara Pelepasan dan Gelar Pasukan, Latihan Praktek (Lattek) Pelayaran Gabungan Wira Jala Yudha (WJY) Ke-22 Tahun 2024, yang dipimpin oleh Wakil Komandan (Wadan) Kodiklatal Laksda TNI Eko Wahjono selaku Inspekur Upacara (Irup), bertempat di Lapangan Laut Maluku Kodiklatal Bumimoro Surabaya. Jumat (14/06/2024).

Uji Kemampuan Berlayar dan Bertempur, Siswa Bintara dan Tamtama TNI AL Siap Lattek Berlayar WJY/22 Tahun 2024


Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah dalam amanatnya yang dibacakan Wadan Kodiklatal menyampaikan bahwa, Lattek berlayar yang akan dilaksanakan selama sepekan nanti, bertujuan untuk mengaplikasikan berbagai teori yang telah diberikan  sebelumnya di kelas, mengenalkan Peraturan Dinas Dalam (PDD) khas  TNI Angkatan Laut saat KRI berlayar, memberikan gambaran tentang tugas-tugas di kapal, serta mengenalkan peran-peran saat kapal berlayar dan bertempur dalam  operasi laut sesuai Korps dan strata kepangkatannya.

Oleh karena itu, Letjen Marinir Nur Alamsyah berharap selama pelaksanaan Lattek berlayar ini, para Siswa agar mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan sungguh-sungguh dan hati yang gembira, baik mengikuti pelajaran di kapal saat berlayar, latihan pendaratan amfibi khusus untuk Siswa Korps Marinir, maupun kegiatan di darat saat kapal sandar di dermaga Lanal Banyuwangi.

“Rangkaian kegiatan selama di darat selain olah raga bersama, para Siswa juga akan melaksanakan penanaman mangrove di pantai cemara dan pembersihan dermaga Lanal Banyuwangi. Untuk kegiatan itu semua, para Siswa hendaknya tetap mengikuti setiap petunjuk dan bimbingan dari para instruktur serta bingsis yang mendampingi,” tutur Dankodiklatal.

Orang nomor satu di Kodiklatal ini juga memerintahkan Komandan Kodikopsla sebagai Direktur Latihan dan Praktek Pelayaran Gabungan Wira Jala Yudha, beserta seluruh jajaran instruktur dan pembimbing Siswa, untuk melaksanakan kegiatan Lattek ini dengan penuh rasa tanggung jawab.  Perhatikan keselamatan dan keamanan personel, serta sarana dan prasarana Lattek. Selamat berlayar, semoga lancar dan selamat sampai tiba kembali di Surabaya.

Lattek Pelayaran ini akan dilaksanakan mulai tanggal 19 s.d. 25 Juni 2024 dengan Direktur Latihan (Dirlat) Komandan Kodikopsla Kodiklatal Laksma TNI Muhammad Iwan Kusumah, dan 120 personel Pendukung Lattek Pelayaran Gabungan WJY 22/2024.

Kegiatan gelar pasukan dan pelepasan Satgas Lattek Pelayaran Gabungan tersebut juga dihadiri Kapokgadik Kodiklatal Brigjen TNI Marinir Sarjito, para Direktur, para Dankodik, para Danpuslat, para Pejabat Utama (PJU) Kodiklatal.(Pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *