Sigap Seperti Rambo, Siswa Dikko Marinir 171 Kodikmar Latihan Jurit Komando di Hutan Baluran

Sigap Seperti Rambo, Siswa Dikko Marinir 171 Kodikmar Latihan Jurit Komando di Hutan Baluran

Sengkelatnews.com Sigap melewati rintangan bak Rambo, 289 siswa Pendidikan Komando (Dikko) Marinir Angkatan 171 Kodikmar Kodiklatal melaksanakan latihan Jurit Komando (Jurko) di Hutan Baluran dan sekitarnya. Jurko merupakan ujian atau penilaian di tahap Dasar Komando dari materi yang telah diajarkan, bertempat di Pusat Latihan Pertempuran Marinir 5 Baluran dan sekitarnya, Situbondo, Jawa Timur. Kamis (09/03).

Sigap Seperti Rambo, Siswa Dikko Marinir 171 Kodikmar Latihan Jurit Komando di Hutan Baluran


Dengan semangat pantang menyerah, siswa Dikko Marinir yang terdiri dari 39 Taruna AAL Tingkat II Angkatan 70 Korps Marinir, dan 250 siswa Dikmata Angkatan 42/1 TA. 2022 Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar) sukses melintasi berbagai rintangan yang sudah ditentukan pelatih.

Mayor Marinir Siswanto selaku Perwira Pelaksana Latihan Praktek (Palaklattek) dan juga Komandan Sekolah Tamtama Infanteri Marinir Kodikmar menyampaikan bahwa pelaksanaan Jurko pada hari ke 17 ini merupakan puncak materi dalam tahap satu, dasar dan taktik Dikko Marinir angkatan 171. Tahap ini merupakan rangkaian kegiatan berganda dan implementasi seluruh materi yang telah diajarkan pelatih kepada siswa untuk diaplikasikan dan diujikan di medan sebenarnya.

Menurutnya, dalam Jurko ini, siswa akan dibentuk tim per tim yang ditugaskan ke daerah operasi untuk merebut sasaran dan dihadapkan dengan berbagai tingkat kesulitan medan operasi seperti hutan, gunung, bukit, tebing dan lembah. Para siswa melintasi satu daerah ke daerah lainnya melalui metode river crossing, fast rope dan metode lainnya yang membutuhkan ketangkasan, ketrampilan, serta kondisi fisik yang prima.

Dalam kesempatan terpisah, Komandan Kodikmar Brigadir Jenderal TNI (Mar) Muhammad Nadir menekankan kepada seluruh pelatih, instruktur, pembimbing serta pendukung agar melaksanakan doa sebelum dan sesudah pelaksanaan kegiatan. “Laksanakan pengawasan ketat kepada siswa Dikko, perhatikan faktor keamanan, keselamatan personel serta kelengkapan material, sehingga pelaksanaan latihan dapat berjalan dengan aman dan lancar dari awal sampai dengan selesai,” tegas Dankodikmar.(pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *