Dirdok Kodiklatal Hadiri Seminar Nasional STTAL Bahas Peperangan Modern

Sengkelatnews.com Dalam rangka mengantisipasi ancaman cyber war, Direktur Doktrin (Dirdok) Kodiklatal Laksma TNI May Frangky Pasuna Sihombing menghadiri Seminar Nasional Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) dengan tema “Peran Artificial Intelligence (AI) dan Siber Dalam Peperangan Modern”. Dihadiri 350 peserta secara langsung dan virtual, Seminar Nasional ini dipandu oleh moderator Mayor Laut (T) April Kukuh Susilo, S.T., M.T. dan Sertu Ttu/W Eka Wulandari, bertempat di Auditorium Gedung Pulau Marore Kampus Prajurit Teknokrat STTAL, Bumimoro Surabaya. Kamis, (16/11/2023).

Dirdok Kodiklatal Hadiri Seminar Nasional STTAL Bahas Peperangan Modern


Dari tema tersebut kemudian dipaparkan dalam beberapa topik pembahasan, meliputi: Sejarah Peperangan Modern dengan Menggunakan Teknologi, Penggunaan Artifical Intelligence (AI) dalam peperangan modern, serta Penggunaan dan Pengembangan Cyber dalam Peperangan Modern. Seminar Nasional yang menghadirkan para Narasumber berkompeten tersebut bertujuan untuk menggali dan mengembangkan peluang serta tantangan untuk memperkuatan pertahanan siber nasional pada saat ini.

Adapun Narasumber dalam Seminar kali ini dalam Sub Tema 1: “Sejarah Teknologi Perang”, dengan pembicara Laksma TNI Dr. Mukhlis, selaku Komandan STTAL, Sub Tema 2: “Peran Cyber Dalam Peperangan Modern”, dengan pembicara Ardi Suteja K., selaku Ketua Forum Keamanan Cyber Indonesia, serta Sub Tema 3: “Peran Artificial Intelligence Dalam Peperangan Modern”, dengan pembicara Marsekal Pertama TNI Asst. Prof. Dr. Ir. Arwin Datumaya Wahyudi Sumari, selaku Rektor Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITDA).

Selain Dirdok Kodiklatal, turut mengikuti Seminar Nasional STTAL yaitu, Wadan Kodikmar Kolonel Mar Efhardian, Danpusdikintelmar Kodikopsla Kolonel Laut (T) Harlius Bachtiar, serta Danpusdiktek Kodikdukum Kolonel Laut (T) Ivan Syafari.(Pen/Akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *