Beri Peluang Jadi TNI AL, Dankodiklatal Saksikan Peresmian Pembangunan Satdik 4 Manado

Beri Peluang Jadi TNI AL, Dankodiklatal Saksikan Peresmian Pembangunan Satdik 4 Manado
Beri Peluang Jadi TNI AL, Dankodiklatal Saksikan Peresmian Pembangunan Satdik 4 Manado

Sengkelatnews.com Dalam rangka memberikan peluang yang sama kepada Putra Putri Daerah untuk menjadi prajurit TNI Angkatan Laut (TNI AL), Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah menyaksikan peresmian pembangunan Gedung Satuan Pendidikan (Satdik) 4 Kodiklatal Manado oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, bertempat di Desa Pinenek, Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Timur, Sulawesi Utara. Selasa (12/12/2023).

Beri Peluang Jadi TNI AL, Dankodiklatal Saksikan Peresmian Pembangunan Satdik 4 Manado


Selain peresmian Gedung Mako Satdik 4 Kodiklatal, Kepala Dinas Fasilitas Pangkalan Angkatan Laut (Kadisfaslanal) Laksma TNI Eko Sunarjanto saat menyampaikan laporan pelaksanaan pembangunan Satdik-4 Kodiklatal, adapun sarana prasarana yang telah dibangun diantaranya yaitu, Barak Bintara, Barak Tamtama, Barak Kowal, Kelas Bintara, Kelas Tamtama, Dapur, Mess Bingsis, Gudang Senjata dan Amunisi, Lapangan Samapta, Sarana dan Prasarana Lingkungan, Instalasi Listrik dan Air, Pengadaan Furniture Gedung Mako, Kelas, Mess Bingsis, Gudang Senjata, Dan Pos Jaga, serta Pengadaan Kendaraan Dinas.

Dalam kesempatan tersebut, Kasal mengatakan bahwa, kemajuan teknologi yang pesat dan perkembangan lingkungan strategis yang dinamis, membawa dampak semakin kompleks tantangan tugas ke depan. Oleh karena itu, upaya peningkatan profesionalisme prajurit secara komprehensif, bertingkat dan berlanjut menjadi langkah strategis dalam rangka mewujudkan angkatan laut yang profesional, modern dan tangguh.

“Untuk mewujudkan hal tersebut, maka lembaga pendidikan TNI Angkatan Laut berperan penting dalam mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) unggulan. Para prajurit lulusan lembaga pendidikan TNI Angkatan Laut diharapkan memiliki kemampuan yang handal untuk mengawaki organisasi maupun mengoperasikan alutsista secara profesional,” ungkap Laksamana Dr. Muhammad Ali.

Menurut Pimpinan tertinggi TNI AL ini bahwa, keberhasilan proses pendidikan ditentukan dari kualitas pendidikan, didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai. Untuk itu, TNI Angkatan Laut telah menyelesaikan proses pembangunan gedung Satdik 4 Kodiklatal.

“Pembangunan fasilitas ini melengkapi tiga Satdik yang telah ada, sehingga proses pendidikan prajurit dapat terlaksana dengan baik. Keberadaan Satdik 4 Kodiklatal ini, diharapkan memberi kesempatan seluas-luasnya kepada putra-putri terbaik seluruh nusantara untuk menjadi prajurit TNI AL,” kata Kasal memberikan motivasi anak-anak bangsa untuk menjadi prajurit TNI AL.
Usai sambutan, dalam rangkaian peresmian ini Kasal melaksanakan penekanan tombol sirine tanda diresmikannya Nama Mako Satdik 4 Manado, penandatanganan Prasasti Sarpras Satdik 4, penandatanganan berita acara serah terima pembangunan Sarpras Satdik 4, dan pemotongan pita Gedung Mako Satdik 4 oleh Ketua Umum Jalasenastri Ny. Fera Muhammad Ali didampingi Kasal, yang dilanjutkan dengan peninjauan Mako Satdik 4.

Hadir dalam acara peresmian Gedung Satdik 4 kali ini yaitu, Gubernur Provinsi Sulawesi Utara Prof. DR. (H.C.) Olly Dondokambey, Pangkoarmada RI Laksdya TNI Heru Kusmanto, para Asisten Kasal, Pangkoarmada II, para Kadis di lingkungan Mabesal, Danlantamal VIII, Dirum Kodiklatal, dan pejabat TNI AL lainnya, serta para Forkopimda setempat.(Pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *