Wujudkan Rakyat Cinta Kemaritiman, Dankodiklatal Peringati Hari Nusantara Tidore 2023

Wujudkan Rakyat Cinta Kemaritiman, Dankodiklatal Peringati Hari Nusantara Tidore 2023
Wujudkan Rakyat Cinta Kemaritiman, Dankodiklatal Peringati Hari Nusantara Tidore 2023

Sengkelatnews.com Guna mewujudkan rakyat mencintai dunia kemaritiman, Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah, menghadiri Puncak Peringatan Hari Nusantara Tahun 2023 di Tidore. Hari Nusantara yang mengusung tema, “Merajut Konektivitas Nusantara dan Ekonomi Maritim dari Titik Nol Jalur Rempah,” tersebut dibuka langsung oleh Menteri Perhubungan Republik Indonesia (Menhub RI), Budi Karya Sumadi didampingi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, bertempat di kawasan pantai Tugulufa Kota Tidore, Kepulauan Maluku Utara. Rabu (13/12/2023).

Wujudkan Rakyat Cinta Kemaritiman, Dankodiklatal Peringati Hari Nusantara Tidore 2023


Dihadiri Gubernur Maluku Utara, KH. Abdul Ghani Kasuba, Walikota Tidore Capt. Ali Ibrahim, Kabasarnas RI Marsekal Madya TNI Kusworo, petinggi TNI-Polri, serta Forkopimda Maluku Utara dan undangan lainnya, Hari Nusantara merupakan peringatan Deklarasi Djuanda pada tanggal 13 Desember 1957 dimana Indonesia diakui sebagai negara kepulauan. Hari Nusantara Tahun 2023 yang dipusatkan di Tidore ini didukung penuh oleh TNI AL bekerjasama dengan seluruh Kementerian dan Lembaga terkait serta Pemerintah Provinsi Maluku Utara sebagai Ketua Pelaksana Daerah dan juga sekaligus sebagai Tuan Rumah.

Dalam sambutannya, Menhub RI mengatakan bahwa tujuan dari Hari Nusantara 2023 adalah untuk memperingati keberagaman budaya, meningkatkan rasa persatuan, menghargai kekayaan alam dan sumber daya, mendorong pariwisata domestik, serta meningkatkan semangat gotong royong dengan memahami arti penting Wawasan Nusantara.

“Dengan adanya Momen Hari Nusantara menjadi semangat baru bagi masyarakat Indonesia sebagai negara yang memiliki keragaman kebudayaan dan kekayaan kemaritiman yang perlu kita syukuri bersama, sesuai Intruksi Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo adalah “Membangun Indonesia dari Pinggiran melalui Peningkatan Peran dan Daya Saing Daerah”. Kegiatan ini memastikan bahwa pembangunan nasional tidak hanya terpusat, tetapi juga merata ke seluruh pelosok Indonesia”, jelasnya.

Lebih lanjut, di tahun 2022 Indonesia memiliki 17.001 Pulau, dengan enam pulau besar dan 16.995 pulau lainnya tersebar di seluruh Provinsi di Indonesia. Selain itu, Indonesia merupakan Negara Maritim yang memiliki luas perairan mencapai 3,25 juta km atau sekitar 63% wilayah Indonesia. Hal ini menjadi dorongan peningkatan Konektivitas antar pulau untuk meningkatkan dan membangun Sektor Perkonomian Bangsa. Dengan momen ini diharapkan Kota Tidore Kepulauan dapat didorong untuk ditetapkan menjadi salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Adapun beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan dengan sukses dan meriah sejak tanggal 10 – 12 Desember 2023, diantaranya yaitu Bakti Kesehatan, Bakti Sosial, Senam Massal, serta Makan Sate Ikan Terbanyak yang memecahkan Rekor Muri, dan kegiatan lainnya.

Pada acara puncak Hari Nusantara Tahun 2023, juga dimeriahkan berbagai kegiatan seperti aksi Sea Cast Kopaska dari atas KRI, aksi Free Fall para peterjun TNI AL dan TNI AU, Sailing Pass berbagai KRI, Kapal Basarnas, Bakamla dan Kemenhub bersama kapal nelayan, serta aksi paramotor, seni tari dan musik, hingga penampilan band besar tanah air “SLANK” yang akan diselenggarakan pada malam hari.(pen/akm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *